Today

Kamu Harus Hati-hati Kalau Ketemu Lima Ular Berbisa Ini

CIANJURTODAY.COM – Ular berbisa dan tidak berbisa menjadi pembahasan hangat akhir-akhir ini. Ramai berita di berbagai daerah kemunculan berbagai jenis ular di sekitar pemukiman, termasuk di Cianjur.

Nasib ular yang muncul di pemukiman tak menentu. Bagi ular yang ‘beruntung’ mereka akan dievakuasi petugas pemadam kebakaran atau orang yang peduli. Namun nasib yang naas, mereka akan dibunuh.

Ngomongin soal ular, Cianjur Today kali ini akan membahas lima jenis ular berbisa yang mematikan. Kalau kamu ketemu lima jenis ular berbisa ini, harus hati-hati. Panggil pawang atau petugas damkar untuk mengusir atau mengamankannya. Berikut lima jenis ular berbisa yang bisa ditemukan:

1 King Kobra

Ular jenis ini disebut memiliki banyak bisa dalam tubuhnya. Bisa tersebut antara lain Neurotoxin,  Cardiotoxin, dan Hemotoxin. Ular jenis ini dapat berdiri tegak sepertiga dari tubuhnya.

Biasanya ular ini akan bersembunyi di lubang-lubang tikus atau atau di tumpukan-tumpukan barang seperti genteng. Ular yang bisa memiliki ukuran hingga tujuh meter ini akan menggigit mangsanya, lalu mengeluarkan bisa dalam tubuhnya. Bisa ular ini dapat menyebabkan kematian.

2 Kobra

Meski sesama kobra, namun ular ini memiliki banyak perbedaan dari King Kobra. Ular ini memiliki tubuh yang lebih pendek sekitar 2-3 meter, dan tidak memiliki kemampuan untuk berdiri seperti King Kobra.

Bisa yang dimiliki kobra jenis ini adalah Neurotoxin dan Hemotoxin. Sama seperti King Kobra, kobra juga sering bersembunyi di lubang-lubang tikus untuk mencari makan. Bisa kobra juga sangat berbahaya dan mematikan.

3 Ular Tanah

Ular tanah atau yang sering disebut ular gibug dalam bahasa Sunda ini, memiliki kemampuan untuk berkamuflase menyerupai daun kering. Meski hanya berukuran sekitar 80 cm, ular ini memiliki bisa yang cukup berbahaya. Bisa Hemotoxin yang ada pada ular ini, akan memberikan efek panas pada tubuh korban seperti dibakar api.

4 Ular Welang

Ular yang memiliki ciri fisik yaitu kulitanya bergaris kuning dan hitam. Ular ini berukuran sekitar 80 cm. Ular welang biasa ditemukan di sungai-sungai apalagi saat malam hari.

Bisa Neurotoxin yang dimiliki ular Welang berbahaya bagi manusia.

5 Weling

Ular ini hampir sama seperti ular Welang, hanya saja dia memiliki garis hitam putih di kulitnya. Ular ini dapat ditemukan di pinggir sungai dan memiliki racun Neurotoxin yang berbahaya. Ukurannya bisa sampai dua meter, biasanya menyerang saat merasa terancam.

Nah itu dia jenis-jenis ular berbisa yang ada di Indonesia. Jika kamu bertemu ular ini atau ular lainnya, alangkah lebih baik menghindarinya. Semoga bermanfaat! (ct2)

Foto dan artikel diolah dari berbagai sumber

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button