Today

Kang Herry : RUU Permusikan Ancam Kreatifitas Anak Bangsa

CIANJURTODAY.COM, Campaka – Muhammad Herry Wirawan atau akrab disapa Kang Herry sebagai salah satu Tokoh Pemuda asal Cianjur sepakat mendukung petisi penolakan para musisi terhadap pengesahan RUU Permusikan.

Tokoh yang akrab disapa Kang Herry ini berpendapat, kalau Undang-undang seharusnya mengayomi dan mengatur hal penting yang menambah nilai manfaat di masyarakat.

“Mekanisme pembuatan regulasi harus menggunakan langkah yang tepat. Misalnya melalui hearing dengan masyarakat, dan jaring pendapat,” ungkapnya.

Sementara yang terjadi, kata dia, melalui RUU Permusikan yang tengah digodog oleh parlemen pusat terkesan memberangus kreatifitas dan ruang aktualisasi anak bangsa, khsusunya musisian.

“Musisi disertifikasi melalui uji kompetensi itu tidak bijak. Sebab kenyataan dilapangan, banyak musisi yang tidak paham balok not tapi mereka mahir memainkan musik,” jelasnya.

Sambung Herry, musisi itu tidak hanya dipandang sebagai profesi tapi kreativitas nya harus dihargai dan diapresiasi sebaik mungkin sebagai sebuah seni.

Saat ini, ramai musisi menandatangani petisi penolakan RUU Permusikan tersebut. Menurut Kang Herry hal ini adalah sebuah kewajaran. Pasalnya, musisi lebih mengerti keadaan mereka yang sebenarnya.

“Membuat RUU Permusikan tanpa mendengar musisi dan pekerja seni itu terlalu subjektif. Setiap uud harus dikaji secara ilmiah, mulai dari sisi Yuridis, Sosiologis, hingga Filosofis,” pungkasnya.(riz)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button