Ramadan Today

Kapan Lebaran? Sidang Isbat 1 Syawal 2020 Digelar Besok

CIANJURYODAY.COM – Kapan Lebaran Idul Fitri 2020? Mungkin ini jadi pertanyaan menjelang akhir Ramadhan. Menurut kalender umum, tanggal merah bulan Mei sebagai perayaan lebaran Idul Fitri akan jatuh pada hari Minggu 24 Mei 2020. Akan tetapi hal itu belum bisa dipastikan selagi belum dilaksanakannya Sidang Isbat 1 Syawal 2020.

Meski Muhammadiyah telah menetapkan bahwa Idul Fitri tahun 2020 ini jatuh pada hari Minggu, 24 Mei 2020. Keputusan Idul Fitri tahun 2020 versi pemerintah saat ini adalah masih menunggu sidang isbat. Rencananya, sidang isbat akan dilakukan pada hari Jumat, 22 Mei 2020.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama, Agus Salim, menyampaikan sidang isbat akan dilakukan sesuai protokol standar kesehatan yang berlaku.

“Isbat awal Syawal digelar 22 Mei 2020. Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi,” katanya , seperti dikutip dari Detik (21/05/2020).

Selain itu, pelaksanaan sidang isbat untuk menentukan Idul Fitri 1441 H atau Lebaran 2020 digelar sebagian online. Hingga undangan menghadiri sidang hanya untuk Menteri Agama dan Wakil Menteri Agama, Majelis Ulama Indonesia, dan Komisi VIII DPR RI.

Kementrian Agama (Kemenag) akan bekerja sama dengan TVRI untuk menjadi TV Pool. Media yang ingin menyiarkan sidang isbat bisa berkoordinasi dengan TVRI. Sebagai bentuk pembatasan kontak fisik juga diterapkan pada aturan peliputan sidang isbat. 

Bahkan pada sidang isbat kali ini juga Kemenag akan memanfaatkan media sosial Kemenag untuk melakukan live streaming. Menggunakan akun KementerianAgamaRI untuk di facebook, kemenag_ri untuk di Instagram, @Kemenag_RI untuk di Twitter, dan Kemenag RI untuk di YouTube.(ct4/rez)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker