Today

Kapolres Cianjur Terus Tinjau Posko Desa Tangguh Covid-19 di Sejumlah Wilayah

CIANJURTODAY.COM, Pacet – Kapolres Cianjur, Mochamad Rifai melakukan pengecekan dan peninjauan langsung Posko Desa Tangguh Mandiri yang bertempat di Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur pada Rabu (24/2/2021).

“Kami melakukan pengecekan terkait dengan kesiapsiagaan posko di tingkat desa. Tadi kami sudah melihat ruangan posko, kemudian ruang isolasi, dan tadi juga diperlihatkan simulasi penanganan Covid-19,” ujar Kapolres kepada Cianjur Today, Kamis (25/2/2021).

Kapolres menuturkan, beberapa hal yang harus disiapkan dalam upaya pencegahan sudah dilakukan pihak desa dengan baik. Namun, pihaknya mengatakan bahwa penanganan Covid-19 ini harus terintegrasi mulai dari tingkat kecamatan hingga RT/RW.

“Setelah itu dilakukan, di level RT/RW ketika terindikasi ada orang terkena Covid-19 harus langsung menghubungi posko di desa kemudian dilakukan upaya testing dan kemudian isolasi,” ungkapnya.

Setelah itu, lanjut Rifai, desa langsung melakukan tracing, kemana saja, kontak dengan siapa saja, kapan ketemunya, untuk melihat potensi kontak erat dari pasien Covid-19.

“Posko di tingkat kecamatan, semoga dapat memberikan asistensi kepada posko-posko di desa terutama jika ada desa yang memang RT/RW-nya ada yang berzona merah. Kita berharap Kecamatan Cipanas dan Pacet terus dalam zona hijau, sehingga kita terus melakukan upaya-upaya untuk mempertahankannya,” terangnya.

Pihaknya menjelaskan, peninjauan sendiri akan dilakukan secara terus-menerus setiap hari demi terciptanya kesiapan pencegahan penularan Covid-19 di Cianjur.

“Kami terus melakukan peninjauan dan kemarin sudah ada 15 posko yang kami kunjungi,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Rifai, sesuai dengan instruksi nomor 9/2021 terkait dengan PPKM Berskala Mikro, pemerintah juga berupaya mendorong baik dengan anggaran maupun tata kelolanya agar semua dilakukan dengan baik dan optimal.

“Kalau terkait dengan anggaran penanganan Covid-19 yang delapan persen itu akan dianggarkan dari dana desa dan nanti akan turun bulan depan. Jadi untuk sekarang kita akan terus fokus melakukan upaya penanggulangan Covid secara bersama-sama,” tutupnya.(ct6/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker