Olahraga

Kapolri Izinkan Liga 1 dan 2 Tahun 2021 Bergulir, Tapi Ada Syaratnya

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akhirnya resmi mengizinkan penyelenggaran Liga 1 dan Liga 2 tahun 2021. Kendati demikian, pihaknya memberikan sejumlah persyaratan dalam pelaksanaannya.

Salah satu persyaratannya ialah pemain dan staf tim wajib sudah menjalani vaksinasi Covid-19 secara lengkap atau dua dosis.

“Lalu pada saat melaksanakan kegiatan, satu hari sebelumnya, dilaksanakan pemeriksaan tes usap PCR untuk memastikan bahwa baik pemain maupun official dalam kondisi negatif dari Covid-19,” ujar Sigit dikutip Tempo.co, Senin (23/8/2021).

Selain itu, jumlah staf tim pun harus dibatasi. Kemudian, kata dia, setelah pertandingan selesai, pemain dan staf tim kembali wajib menjalani tes usap PCR atau antigen.

Lalu, di lokasi, Polri akan memasang aplikasi pedulilindungi. Hal ini dilakukan demi memastikan seluruh yang hadir dalam keadaan sehat.

Sigit pun berharap seluruh atlet dan staf di Liga 1 dan Liga 2 mematuhi seluruh protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

“Ini wajib dipatuhi karena masih sengaja laju pertumbuhan Covid-19,” kata dia.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memastikan Liga 1 bergulir pada 27 Agustus 2021 setelah diundur dari rencana awal yaitu 20 Agustus lalu. Ia mengatakan keputusan itu hasil koordinasi.

“Setelah berkoordinasi dengan pihak terkait, gelaran Liga 1 diizinkan bergulir pada 27 Agustus 2021,” kata dia, Senin (9/8/2021).

Penundaan kasta tertinggi sepak bola di Indonesia itu juga sudah dikoordinasikan dengan pihak Kepolisian, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

Setelah diskusi dengan BNPB, disepakati Liga 1 dan Liga 2 bisa dimulai setelah melihat penurunan yang signifiikan dan pemberlakuan PPKM secara Mikro. Di samping itu juga sudah dikomunikasikan kepada PSSI dan mereka tidak keberatan.

Tempat Ditentukan PSSI dan PT LIB

Zainudin mengatakan secara teknis penyelenggaran dan pembukaan akan dipersiapkan oleh PSSI dan LIB.

“Sehingga secara teknis mereka akan segera mempersiapkan.¬†PSSI dan LIB akan segera menentukan penyelenggaraan pembukaan di tempat yang sudah ditetapkan dalam PPKM Level rendah penyebaran Covid-19,” katanya.(afs/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks