Today

Karang Taruna Cilaku Gelar Baksos Kesehatan Gratis

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Karang Taruna Desa Rancagoong dan Karang Taruna Kecamatan Cilaku, Cianjur, menggelar bakti sosial (baksos), Selasa (04/08/2020). Kegiatan ini dilakukan bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

Dalam kegiatan ini, terdapat layanan masyarakat seperti pengobatan gratis, rapid test gratis, pembagian masker, sosialisasi adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal, dan kegiatan lainnya.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Cianjur, Mudrikah, mengatakan, kegiatan ini menekankan pada sosialisasi AKB, pengobatan gratis, danrapid test. Karang Taruna sebagai organisasi sosial, lanjutnya, harus ikut membantu pemerintah dalam melayani masyarakat.

“Ini sebuah inovasi yang dilakukan pengurus Karang Taruna Desa Rancagoong dan Karang Taruna Kecamatan Cilaku. Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan serta IBI. Intinya, kami di Karang Taruna, peduli kepada masyarakat dengan terjadinya pandemi Covid-19 ini,” tuturnya.

Dalam kegiatan itu, masyarakat diberi pemahaman dan pedoman beraktivitas di era New Normal. Di antaranya harus memakai masker di luar rumah, mencuci tangan, serta menjaga jarak.

“Kami akan mendorong pengurus Karang Taruna di tingkat desa dan kecamatan lainnya, bisa melaksanakan kegiatan serupa. Untuk membantu pemerintah melayani masyarakat.” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Cilaku, Yudiansyah Sutawijaya, mengapresiasi kegiatan yang digelar Karang Taruna. Puskesmas dan juga Dinkes Cianjur sangat mendukung kegiatan tersebut.

“Ini bisa menjadi contoh bagi desa lainnya,” kata dia.

Selain itu, dirinya, menyebut masyarakat antusias mengikuti rapid test. Ada sekitar 20 orang yang mengikuti rapid test. Kemudian, ada 200 orang yang mengikuti pengobatan gratis. Kegiatan itu pun sekaligus mengukuhkan pengurus Karang Taruna Desa Rancagoong.

“Kami ikut memfasilitasi kegiatannya.” tukasnya.(afs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close