Today

Karang Taruna Darma Mandiri Gotong Royong Bangun Akses Jalan Kampung di Cikadu

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Karang Taruna Darma Mandiri di Kampung Cigeresik, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cikadu, Cianjur gotong royong membangun jalan akses penghubung di kampung itu. Sebab, selama ini masyarakat tidak punya akses jalan utama dam harus menempuh jalan yang jauh.

Ketua Karang Taruna Darma Mandiri, Usman menuturkan, gotong royong pembangunan jalan ini dikoordinir oleh karang taruna. Ia menyebut, kegiatan ini murni swadaya masyarakat atas inisiatif karang Taruna.

“Dan kegiatan itu real gotong rotong semua elemen yang ada di karang taruna dan masyarakat yang ada di Kampung Cigeresik khususnya. Karena akses yang memang yang sekatang sering dilakui itu aksesnya sangat jauh,” tuturnya saat dihubungi, Selasa (29/09/2020),

Jalan itu dibangun agar mempermudah masyarakat dan akan menjadi jalan utama di kampung ini. Selain membangun jalan, kegiatan ini dimanfaatkan untuk bersilaturahmi antar warga.

“untuk bahan-bahan pemerataan tersebut memanfaatkan dari kali yang terdekat di jalan tersebut dari mulai bebatuan dan juga alat-alat dan sebagainya itu memanfaatkan rel di dekat jalan tersebut,” jelas dia.

Usman menjelaskan, untuk menghemat dana, pihaknya menggunakan batu dari sungai. Segala keterbatasan itu membuat karang taruna berinisatif untuk menggunakan alat dan bahan yang ada di kampung itu.

“Karena memang kalau seluk beluknya di perkampungan sudah menjadi hal yang wajar jika tidak tersentuh oleh desa. Dikarenakan zonasi wilayahnya besar kalau di desa kami, khususnya di Desa Mekarwangi luang lingkupnya besar. Dan, juga kenapa belum sampai dibangun dan belum pernah dibangun? kalau tidak ada pergerakan dari masyarakat jalan akan terus seperti itu.” tutupnya.(afs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami