Tips, Trik, dan Tutorial

Kartu Prakerja Gelombang 15 Sudah Dibuka, Login www.prakerja.go.id untuk Cek Pengumuman

CIANJURTODAY.COM – Kartu Prakerja Gelombang 15 sudah dibuka sejak Kamis (18/3/2021) kemarin. Login segera www.prakerja.go.id untuk cek pengumuman. Bagi pendaftar Kartu Prakerja Gelombang 14 yang tidak lolos bisa mendaftar kembali pada gelombang 15 yang sudah dibuka.

Hal tersebut dikatakan oleh Head of Communication Manajemen Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu. “Gelombang 15 akan dibuka siang ini jam 12.00 Wib,” ujarnya.

Louisa menyampaikan, syarat dan cara mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 15 masih sama seperti gelombang sebelumnya. Artinya bagi pendaftar yang belum lolos pada pendaftaran gelombang 14 bisa mencoba mendaftar pada gelombang ke-15.

Fitur Terbaru

Sementara itu, pada gelombang 14 kemarin terdapat fitur terbaru. Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja menambah fitur bagi pendaftar untuk bisa mengetahui alasan tidak diterima dalam pendaftaran di setiap gelombang.

“Di gelombang 14 kami memperbaiki fitur untuk yang tidak lolos dan akan ada informasi di dashboard masing-masing alasan tidak berhasil menjadi penerima Prakerja karena kami memiliki NIK dari setiap K/L yang merupakan kelompok-kelompok yang dilarang menjadi penerima Kartu Prakerja,” ujar Denni.

Program Kartu Prakerja dihadirkan pemerintah untuk membantu para masyarakat yang kehilangan pekerjaan lantaran terdampak pandemi Covid-19. Nantinya, para masyarakat yang mendaftar akan mendapat sejumlah insentif yang dapat digunakan untuk mengakses pelatihan.

Tercatat ada 1.663 program pelatihan yang disediakan oleh 153 lembaga pelatihan. Bila lolos, peserta akan mendapatkan insentif berupa bantuan dari pemerintah sebesar Rp 3,55 juta.

Rinciannya, peserta akan mendapatkan uang bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca-pelatihan Rp600 ribu per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp50 ribu untuk tiga kali.

Secara keseluruhan, sebesar Rp20 triliun dialokasikan pemerintah untuk program tersebut. Namun, di sisi lain, terdapat pengecualian bagi masyarakat yang sudah mendaftar dan lolos di tahun 2020 untuk tidak dapat kembali mendaftar di tahun 2021.

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja
  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Usia minimal 18 tahun.
  3. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
Cara Mendaftar Kartu Prakerja
  • Login ke laman www.prakerja.go.id.
  • Masukkan e-mail dan password yang digunakan untuk mendaftar.
  • Lalumasukan nomor KTP dan tanggal lahir, dan klik ‘Berikutnya’.
  • Tuliskan data diri lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal alamat domisili, pendidikan, status kerja, dan unggah swafoto dengan memegang KTP.

Pengumuman Kelolosan Prakerja Gelombang 15

Seperti yang diunggah di instagram @prakerja.go.id, bagi peserta yang lolos seleksi Kartu Prakerja dapat melalui pesan SMS termasuk gelombang 15.

“Peserta yang lolos akan mendapat SMS pemberitahuan ke nomor yang terdaftar pada akun Prakerja milik Sobat! Pastikan nomor tersebut aktif dan jangan mengganti nomor HP.”Oleh karena itu, Anda perlu memasukkan nomor HP yang aktif.

Cara lain yaitu dengan login ke akun Prakerja Anda di www.prakerja.go.id, kemudian cek dashboard.

Apabila lolos seleksi, maka akan terlihat nomor Kartu prakerja, status saldo, serta nomor akun e-wallet yang sudah didaftarkan. Bagi yang belum lolos, akan mendapatkan notifikasi pada dashboard akun Kartu Prakerja berupa keterangan ‘Kamu Belum Berhasil’.

Alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id (mohon perhatikan situs diakhiri dengan go.id)
ㅤㅤ
Pastikan Anda tidak memberikan data pribadi seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), nomor HP, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jangan percaya bila Anda menerima email yang tidak menggunakan domain email resmi Kartu Prakerja. Domain email resmi Kartu Prakerja hanya prakerja.go.id.”

Tes Kartu Prakerja

Para pendaftar akan melalui proses tes ini untuk menggali potensi serta kompetensi.

  • Tes berisi 18 soal yang harus dikerjakan dalam waktu maksimal 25 menit.
  • Soal yang diujikan berupa soal matematika, pengurutan instruksi, dan pemahaman bacaan non-sastra.
  • Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.
  • Setelah isi tes, hasil tes akan dievaluasi, mohon menunggu sebentar sekitar lima menit.
  • Jika sudah lima menit belum ada perubahan, silahkan klik tombol Refresh.
  • Kemudian, peserta akan menerima notifikasi hasil tes lolos/gagal.(ct7)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button