Tips Trik dan Tutorial

Kartu Prakerja Gelombang 21 Dibuka, Langsung Login di www.prakerja.go.id

CIANJURTODAY.COM – Kartu Prakerja Gelombang 21 sudah dibuka, Kamis (16/9/2021) siang tadi, kuy segera login di www.prakerja.go.id.

Berbeda dari sebelumnya, kuota yang tersedia untuk Kartu Prakerja Gelombang 21 adalah 754.929 orang.

Jumlah tersebut berasal dari sisa kuota anggaran semester II tahun ini sebesar Rp10 triliun dan anggaran tambahan Rp1,2 triliun.

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 21 akan dilakukan dalam beberapa hari. Bagi Anda yang ingin mendaftar, pastikan mengisi semua data diri dengan benar.

Bagi peserta yang sebelumnya telah mendaftar seleksi gelombang dan gagal, dapat mengikuti kembali tanpa perlu mengulangi proses pendaftaran dari awal.

Cara dan Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 21

Bila tidak ada perubahan, melalui program Kartu Prakerja, masyarakat akan mendapatkan uang bantuan senilai Rp3,55 juta.

Uang tersebut terdiri atas insentif pelatihan senilai Rp1 juta, uang tunai sebesar Rp2,4 juta yang diberikan sebesar Rp600 ribu dalam empat bulan sebagai insentif pasca-pelatihan, serta insentif survei Rp150 ribu untuk tiga kali survei.

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Warga negara Indonesia (WNI).
Usia 18 tahun.

Tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Merupakan pencari kerja, korban PHK, atau wirausaha.

Bukan merupakan anggota TNI/Polri, ASN, anggota DPR/DPRD, BUMN/BUMD, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMD.

Tidak sedang menerima bantuan pemerintah baik berupa BLT, BPUM, atau bantuan pemerintah lain.

Selain itu, dalam satu Kartu Keluarga hanya diperbolehkan maksimal dua NIK yang menjadi penerima Kartu Prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer.

Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK, masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pembuatan akun.

Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online
Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka.

Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS.

Bagi yang sudah memiliki akun dan terdaftar, hanya perlu login di laman https://www.prakerja.go.id/ dengan menggunakan e-mail dan password.

Selanjutnya, klik “Gabung” untuk mengikuti seleksi Kartu Prakerja.

Verifikasi KTP

Setelah berhasil membuat akun dan login ke akun Kartu Prakerja, pendaftar diminta untuk melakukan verifikasi KTP, nomor NIK, nomor KK, dan tanggal lahir.

Selanjutnya klik “Berikutnya”. Jika ada kolom isian yang tidak tepat, pendaftar diminta untuk mengisi ulang. Lalu, lengkapi data diri Anda dan unggah foto KTP.

Pada bagian ini, data yang diisikan yaitu alamat email, nama lengkap, alamat sesuai KTP, provinsi, kabupaten, kecamatan, alamat tinggal saat ini, jenis kelamin, pendidikan terakhir yang ditamatkan, status perkawinan, jumlah tanggungan, status kebekerjaan, topik pelatihan yang ingin diikuti.

Setelah terisi, unggah foto atau scan KTP di bagian kanan bawah dan klik kotak kiri bawah yang berisi:

“Saya bersedia mengisi seluruh data yang dibutuhkan dengan sejujur-jujurnya”.

Lalu, klik “Lanjutkan”. Proses selanjutnya adalah verifikasi nomor ponsel. Pendaftar akan dikirimi SMS berisi kode OTP lewat nomor yang terdaftar.

Usai mengisi kode OTP, klik “Kirim”. Langkah selanjutnya adalah mengisi pernyataan pendaftar: “Apakah saat ini Anda menganggur?”. Isi semua sampai selesai, lalu klik “Oke”.

Tes motivasi dan kemampuan dasar
Tes ini merupakan rangkaian dari proses pendaftaran di Kartu Prakerja. Tujuannya adalah mengenali kompetensi dan potensi yang dimiliki.

Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal. Klik “Mulai Tes Sekarang” untuk mengikuti tes.

Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi. Evaluasi biasanya memakan waktu maksimal lima menit. Jika sudah lima menit namun belum ada perubahan, klik tombol “Refresh”.

Itu dia informasi seputar Kartu Prakerja Gelombang 21. Semoga bermanfaat, ya Today People!(ct7/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button