Nasional

Kasus Pelanggaran Prokes Raffi Ahmad Naik Sidang, Dijadwalkan 27 Januari 2021 Mendatang

CIANJURTODAY.COM, Jakarta – Sidang perdana Raffi Ahmad terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan akan digelar pada Rabu, 27 Januari 2021 mendatang. Jadwal ini sesuai dengan gugatan Advokat Publik David Tobing yang diterima Pengadilan Negeri Depok.

Berdasarkan gugatan bernomor 13/Pdt G/2021/PN-Dpk itu, Raffi Ahmad diduga melakukan pelanggaran protokol kesehatan usai menerima vaksin di Istana Presiden, pada (13/1/2021) lalu.

“Ketua Majelis Eko Julianto, anggota Divo Ardianto dan Nugraha Medica Prakasa. Penetapan hari sidang pertama digelar Rabu 27 Januari 2021,” ujar Humas PN Depok Nanang Herjunanto, Selasa (19/1/2021).

Nanang menjelaskan, Raffi Ahmad bisa tidak hadir dalam sidang dugaan pelanggaran protokol kesehatan yang menyeret namanya.

“Bisa diwakilkan dengan surat kuasa,” ucapnya.

Sidang Raffi Ahmad juga belum tentu digelar langsung di pengadilan. “Bisa dihadiri langsung atau dengan e-Court. Tergantung kesepakatan para pihak yang berperkara,” jelas Nanang.

Raffi Ahmad dilaporkan oleh David Tobing atas dugaan pelanggaran protokol kesehatan. Gugatan David Tobing dilakukan secara online ke PN Depok dengan nomor registrasi PN DPK-012021GV1. Raffi pun terjerat dalam Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Namun demikian, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan, tidak ada pelanggaran dalam kasus protokol kesehatan (prokes) dalam pesta ulang tahun Ricardo Gelael yang dihadiri Raffi Ahmad.

“Undangan yang masuk ke dalam itu cuma 18 orang. Ikut protokol kesehatan semua dan sudah sesuai dengan protokol kesehatan,” tutur Yusri Yunus, Senin (18/1/2021).

Oleh karena itu, lanjut Yusri, untuk saat ini polisi menilai Raffi Ahmad belum bisa dikenakan dugaan pelanggaran protokol kesehatan.

“Masih akan digelar. Sekarang belum ditemukan unsur persangkaan itu,” paparnya.

Meski demikian, tak berarti kasus ini akan berhenti begitu saja. “Saksi sudah kami klarifikasi. Pemilik rumah pun sudah, semua juga sudah. Nanti kita gelarkan,” terangnya.

Sebagaimana diberitakan, aksi Raffi Ahmad menghadiri pesta usai menerima suntik vaksin Covid-19 menuai pro dan kontra. Ia menjadi pembicaraan publik setelah sejumlah akun media sosial, termasuk akun instagram Raffi @raffinagita1717, mengunggah foto Raffi Ahmad bersama teman-temannya saat berswafoto maupun bernyanyi tanpa mengenakan masker. Foto-foto yang diambil saat pesta ulang tahun teman Raffi itu lalu menjadi viral.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan bahwa pihaknya sudah menegur Raffi Ahmad karena tidak menjaga penerapan protokol kesehatan setelah menjalani vaksinasi Covid-19.

“Sudah dinasihati, diingatkan kembali oleh tim komunikasi Covid-19 agar menaati prokes,” kata Kasetpres Heru Budi Hartono di Jakarta, Kamis (14/1/2021).

Pada kesempatan terpisah, selebritas Raffi Ahmad akhirnya memberikan klarifikasi atas foto-foto dirinya tengah menghadiri acara yang menjadi viral di media sosial karena melanggar aturan protokol kesehatan.

Melalui unggahan terbaru di akun Instagram resminya, Raffi Ahmad meminta maaf kepada masyarakat Indonesia dan juga Presiden Joko Widodo atas kegaduhan yang terjadi.

Ia juga mengakui kesalahannya yang telah melanggar protokol kesehatan dengan berkerumun dan tidak memakai masker.

“Terkait dengan kejadian tadi malam, saya ingin sedikit klarifikasi. Akan tetapi, sebelumnya saya ingin minta maaf yang sebesar-besarnya, saya minta maaf kepada Bapak Presiden Jokowi, kepada seluruh staf yang ada di sekretariat presiden dan juga minta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia atas peristiwa tadi malam,” kata Raffi Ahmad dalam video unggahannya di instagram.

Raffi Ahmad mengatakan bahwa acara yang dihadirinya itu diadakan di kediaman ayah dari salah satu temannya. Ia juga menjelaskan bahwa sebelum masuk ke rumah sudah menjalankan protokol kesehatan.

“Di situ kondisinya juga memang sebelum masuk ke rumahnya mengikuti protokoler. Akan tetapi, pas di dalam, kebetulan saya lagi makan tidak pakai masker, ada yang foto, tapi apapun itu saya minta maaf sehingga jadi heboh,” tutupnya.(sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button