Tips, Trik, dan TutorialToday

Kawanan Ular Bakal Muncul Sebentar Lagi, Lakukan Ini untuk Mencegahnya Masuk Rumah

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Kawanan ular diprediksi akan muncul ke pemukiman bahkan masuk rumah setiap akhir tahun. Meski ular terkadang datang untuk mencari makan, namun saat dia merasa terancam maka ular bisa saja menyerang manusia.

Ada banyak faktor selain mencari makanan ular datang ke lingkungan manusia. Biasanya ular juga datang untuk mencari sarang atau untuk menetaskan telurnya. Tempat yang cenderung kotor dan berantakan, biasanya akan dianggap ular sebagai rumah kosong yang bisa ia jadikan sarang.

Jenis ular yang biasanya sering kita temukan masuk ke rumah atau pemukiman adalah Cobra. Mengagetkan bukan? Salah satu jenis ular berbahaya ini populasinya cukup banyak di Indonesia. Cobra biasanya hidup di pesawahan sekitar masyarakat.

Tidak hanya itu, faktor lain munculnya ular dipemukiman adalah karena habitatnya mulai terganggu. Saat ini habitat ular seperti sawah ataupun hutan sudah mulai habis karena pembangunan gedung. Itulah kenapa ular harus mencari tempat baru untuk hidup.

Terkait banyaknya ular yang muncul masuk rumah, apakah kamu tahu kapan sebenarnya waktu ular banyak keluar ke pemukiman?

Seorang Youtuber pencinta reptil, Bang Chand, mengatakan bahwa pada akhir tahun, ular akan menetaskan telur-telurnya. Hal ini dihitung dari masa kawin ular yang biasanya terjadi pada bulan April hingga Agustus. Telur ular sendiri butuh waktu menetas 3-4 bulan.

Itulah kenapa biasanya banyak ular dan anak-anak ular ditemukan pada akhir tahun. Seperti peristiwa pada 2019 lalu, dimana banyak sekali ditemukan kemunculan ular Cobra di pemukiman masyarakat.

Bang Chand juga menuturkan meski sesuatu seperti ini sulit dihindari, masyarakat tetap harus waspada. Menjaga kebersihan lingkungan dan menghindari keberadaan tikus di rumah, menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya ular.

Cara Menangani dan Menangkap Ular di Dalam Rumah

Inilah cara menanganani ular yang muncul ke rumah atau pemukiman. Pada musim penghujan seperti saat ini, kita pasti sering mendapati beberapa hewan reptil yang muncul ke tempat-tempat terbuka. Biasanya ular menjadi hewan yang paling sering kita temukan.

Banyak faktor yang mengundang datangnya ular ke rumah kita. Salah satunya adalah mencari makan. Makanan ular biasanya adalah tikus itulah kenapa kita harus selalu memastikan rumah kita bersih dari ular dan hama lainnnya yang dapat mengundang ular.

Saat mencium keberadaan tikus atau makanannya, insting ular akan langsung datang mencarinya. Meskipun ia datang masuk ke rumah, ular sebenarnya hanya ingin mencari tikus bukan untuk menyerang manusia.

Lalu bagaimana cara menangani atau menangkap ular yang masuk ke rumah?
Pertama Bang Chan menegaskan bahwa kebiasaan masyarakat yang percaya bahwa menabur garam, bisa membuat ular itu hanya mitos.

“Saya sudah pernah coba dan gak ada reaksi apa-apa. Justru ular lebih terganggu atau takut dengan parfum, mungkin karena menganggu penciumannya,” kata Bang Chand.

Terkait cara menangkap ular yang masuk rumah, Bang Chan mengatakan bahwa Sebenarnya untuk ular yang dalam keadaan tenang hanya dengan digiring keluar juga ular tersebut akan pergi. Namun berbeda dengan ular berbisa atau agresif.

Cara Menangkap Ular

  • Gunakan alat, seperti sapu. Kamu bisa menahan pergerakan ular dengan sapu setelah itu cobalah giring ular keluar.
  • Kedua adalah menggunakan mode tailing, atau menangkap bagian ekor ular, kemudian menangkap bagian kepalanya secara berurutan. Jika tidak menangkap kepalanya dengan tangan, kamu bisa menggunakan sapu untuk memegang tubuh bagian atas ular. Namun cara ini tentunya harus memiliki ketelitian dan kewaspadaan yang tinggi.
  • Cara terakhir adalah menagkap kepala ular, pertama tahan kepala ular dengan sapu kemudian pegang perlahan kepalanya lalu tangkap. Untuk cara ini hal yang perlu diperhatikan adalah cara memegang kepala ular.

Baiknya kita memegang kepala ular pada dua bagian sisi kepalanya. Tidak dianjurkan memegang kepala ular pada posisi atas bawah yaitu pada bagian ujung kepala dan bawah rahang.

Hal ini karena beberapa jenis ular dapat merenggangkan rahangnya, dan kemungkinan akan menggigit jari kamu. Jika cara di atas sudah dilakukan, selanjutnya masukan ular kedalam karung dan buang di tempat aman.

Nah itulah cara menangani dan menangkap ular yang masuk kerumah. Semoga bermanfaat!(ega/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker