Today

Kebakaran Lalap Habis Rumah Warga di Haurwangi

CIANJURTODAY.COM, HaurwangiKebakaran menghanguskan sebuah rumah di Kampung Kiara Payung RT 03/RW 05, Desa Ramasari, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Selasa (14/12/2021).

Insiden tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun harta benda milik penghuni rumah hangus tak tersisa.

Informasi yang dihimpun Cianjur Today, kebakaran melalap habis rumah permanen berukuran 8 x 8 meter itu sekitar pukul 08.30 Wib.

Kobaran api mulai terlihat dari atas rumah paling depan. Dugaan sementara titik api berasal dari korsleting listrik dari saklar yang ada di kamar depan.

Melihat si jago merah sudah membara, warga terdekat langsung berteriak minta tolong. Teriakan tersebut disusul warga yang berhamburan datang untuk memadamkan api.

Mereka berusaha memadamkan kobaran api dengan alat seadanya. Tak ada sumber air yang banyak kecuali aliran sawah yang dipakai untuk memadamkan kobaran api.

Tak lama kemudian, mobil pemadam kebakaran datang. Namun sayang, mobil tidak bisa mendekat rumah yang kebakaran di Haurwangi itu.

“Tidak ada akses jalan, berhenti sejauh 300 meter. Hanya bisa membantu menyedot air dari irigasi yang disalurkan pada selokan, yang airnya dimanfaatkan warga untuk menjinakan kobaran api,” ucap Heri Setiawan, Ketua RW 05.

Diduga Korsleting Listrik

Rumah yang hangus kebakaran.

Sementara itu Kepala Desa Ramasari, Agus Sumarna menambahkan, dari laporan perangkat desa, titik api diduga kuat dari korsleting listrik.

Saat kejadian, kebetulan seluruh penghuni rumah sedang berada di sawan, sedangkan anaknya berada di rumah saudaranya.

Kejadian itu tidak mengakibatkan korban jiwa, namun pemilik rumah menderita kerugian material kurang lebih Rp100 juta.

“Karena selain bangunan rumah, seluruh isi rumah ludes ikut terbakar,” tuturnuya.

Ia pun berteri kasih pada para petugas dan warga yang telah ikut andil memadamkan kobaran api, hingga tidak merembet pada bangunan rumah lainnya,

Pascakejadian, keluarga yang tertimpa musibah sudah dievakuasi ke rumah saudaranya yang tak jauh dari lokasi.

“Kejadian tersebut telah dilaporkan pada Bupati Cianjur dan pada intansi terkait. Semoga keluarga yang mendapat musibah diberi kesabaran dan tawakal, juga semoga rumahnya secepatnya bisa dibangun kembali,” pungkasnya.(asi/rez)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button