CIANJURTODAY.COM, Sukaluyu – Kebakaran meluluhlantakkan pabrik beras di Kp. Tonjongkidul, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur, Sabtu (1/8/2020). Api berkobar sekira pukul 01.15 dini hari hingga menghanguskan bangunan pabrik.

Penyebab kebakaran pabrik beras diduga dari korsleting listrik. Api menyala dan merembet dengan cepat. Dalam waktu lebih dari 1 jam kobaran api mengahanguskan seluruh bangunan berikut mesin dan padi seberat kurang lebih 10 ton.

Asep Wawan (36), pemilik pabrik beras, mulanya mendengar teriakan minta tolong beberapa orang yang sedang ronda malam. Setelah diketahui, ternyata pabrik beras miliknya yang terbakar. Pihaknya langsung menghubungi petugas Pemadam Kebakaran Pos Sukaluyu.

“Namun sayang, kobaran api begitu cepat membesar dan merembet ke seluruh bangunan. Seluruh bangunan sudah terbakar termasuk padi yang siap giling sebanyak 10 ton beserta mesin diesel,” paparnya.

Api bisa dipadamkan sekitar 1,5 jam kemudian. Asep pun hanya bisa pasrah. Kejadian itu telah didata Pemerintah Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaluyu, dan Polsek Sukaluyu.

Perangkat Desa Tanjungsari, Rodiana, menuturkan, saat kejadian masyarakat sedang tidur lelap dan sumber air pun sulit didapat. Tak ada korban jiwa atau luka akibat peristiwa itu.

“Biarpun seperti itu, mobil Damkar ikut andil memadamkan sebagian kobaran api hingga tidak merembet ke rumah penduduk. Hasil pendataan sementara titik api berasal dari arus pendek, kerugian material senilai Rp75 juta,” tuturnya.(ct5/rez)