Today

Keberadaan Posbakum Efektif Mencegah Perceraian

CIANJURToday – Didirikannya Pos Bantuan Hukum (Posbakum) di Pengadilan Agama kelas I b Kabupaten Cianjur, ternyata dinilai ampuh mencegah angka perceraian yang tinggi di Cianjur. Berdasarkan data, hampir 90 persen warga yang mengunjungi Posbakum, itu tidak jadi menggugat pasangannya alias gagal bercerai.

Koordinator Posbakum, Pengadilan Agama kelas I b Kabupaten Cianjur, Dadan menuturkan, pihaknya selama ini selalu mengutamakan upaya pencegahan perceraian rumah tangga. Setiap warga yang datang ke Posbakum, diceramahi agar memikirkan ulang niatnya untuk berpisah dari pasangannya.

“Hampir 90 persen warga yang ke Posbakum itu, menggugurkan niatnya menggugat pasangannya. Kami mendengarkan keluh kesah mereka, lalu memberikan solusi selain daripada bercerai,” ujarnya kepada Cianjurtoday.com

Menurutnya, hal ini juga berpengaruh terhadap angka perceraian yang ada di Kabupaten Cianjur. Secara data kasar, angka perceraian yang terjadi pada 2018 menurun jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Saat ini kami belum bisa merincikan dengan jelas data angka perceraian. Namun yang jelas, kalau dibanding tahun sebelumnya, 2018 angkanya menurun,” ucap Dadan.

Adapun, penyebab gugatan yang dilayangkan oleh pasangan suami istri (pasutri) di Cianjur, kata Dadan, masih didominasi oleh faktor ekonomi.

“Meskipun ada saja masalah seperti perselingkuhan menjadi dasar gugatan, tapi faktor ekonomi masih mendominasi di antara keseluruhan gugatan,” pungkasnya.(riz)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button