Today

Kebun Raya Cibodas Rilis Koleksi Tanaman Handcrafted

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Di awal 2022, Kebun Raya Cibodas (KRC) merilis koleksi tanaman terbaru bernama ‘Handcrafted in Kebun Raya Cibodas’.

Di mana, koleksi ini merupakan serangkaian koleksi kerajinan tangan botani atau souvenir unik khas Kebun Raya Cibodas. Kerajinannya berbentuk perpaduan tanaman cantik dan memiliki karya seni tinggi.

Hal tersebut semakin mempertegas KRC sebagai tempat eduwisata unggulan di Cianjur. KRC sukses menjalani fungsi konservasi dan penelitian dengan mekarnya Bunga Bangkai. Saat itu mereka berhasil mencuri perhatian nasional pada akhir 2021 lalu.

General Manager PT Mitra Natura Raya (MNR) Kebun Raya Cibodas, Marga Anggrianto menjelaskan, hadirnya seri koleksi Handcrafted in Kebun Raya Cibodas ini merupakan bagian dari menjaga tugas utama kebun raya sebagai pusat konservasi botani.

Maka, lanjutnya, KRC terus berinovasi menghadirkan koleksi produk botani baru yang akan menjadi trend-setter koleksi tanaman bagi masyarakat umum. Tentunya dengan menghadirkan produk tanaman souvenir berkualitas. Karena dibuat oleh para gardener ahli Kebun Raya Cibodas yang berpengalaman merawat keindahan Kebun Raya Cibodas seluas 85 hektar.

“Jadi, Handcrafted in Kebun Raya Cibodas ini sebagai identitas jaminan kualitas koleksi tanaman souvenir dari KRC. Di mana proses pembuatannya itumelalui proses berbeda dibanding tanaman biasa yang ada di pasaran,” ujarnya dalam rilis yang diterima Cianjur Today, Selasa (25/1/2022).

KRC Lokasi Ideal untuk Kualitas Tinggi

Salah satu poin penting dari hal itu, lanjutnya, yakni tentang lokasi pembuatan. Menurutnya, unsur tersebut bertujuan agar tanaman memiliki kualitas lebih tinggi dibanding tanaman sejenis yang ada di pasaran.

Menurutnya, lokasi Kebun Raya Cibodas merupakan tempat yang ideal karena bukan hanya iklim sejuk dengan kemurnian udara yang bersih. Namun tempat pembuatannya pun jauh dari kebisingan dan keramaian pengunjung.

“Jadi tentu dengan jauh dari jangkauan manusia, kesehatan dan kesegaran tanaman tidak akan terganggu, dan dapat menghasilkan tanaman sehat berkualitas tinggi,” paparnya.

Tak hanya itu, Marga menjelaskan, pemilihan bahan media tanam pun tentunya jadi salah satu hal penting selanjutnya. Mengingat label ‘Handcrafted in Kebun Raya Cibodas’ bukan hanya sekadar tanaman. Namun merupakan kombinasi antara kerajinan tangan berpadu dengan botani kualitas tinggi.

“Bahan dan media tanam untuk pembuatan ini juga menggunakan tanam yang fresh langsung dari murninya daerah pegunungan dan hanya sedikit material yang berasal dari produk kemasan,” bebernya.

Selain itu, sebutnya, dalam pembuatannya pun bukan hanya oleh tukang tanaman, namun gardener professional lah yang pasti membuatnya. Tak diragukan lagi pengalaman mereka dalam merawat keindahan Kebun Raya Cibodas yang memiliki luasan 85 hektar.

“Pengaturan pembuatan kenyamanan dan fokus para tenaga ahli ketika membuat dan meriset seri baru ini menjadi prioritas, agar setiap hasil akhir souvenir yang sampai ke tangan konsumen merupakan kerajinan botani unik yang memiliki nilai seni tinggi,” tuturnya.

Harga Handcrafted KRC

Sebagai informasi, Marga menjelaskan, perilisan perdana kerajinan tangan botani ini ke publik pada 6 Januari 2021 lalu dengan range harga Rp125.000 dan Rp75.000 sebagai harga perkenalan.

Para pembeli tersebut rata-rata memang ingin mencari souvenir khas Kebun Raya Cibodas, berupa tanaman indoor cantik dan ada juga yang menjadikannya hadiah untuk kolega.

“Pihak Kebun Raya Cibodas kini sedang meningkatkan kapasitas produksi kerajinan tangan ini untuk memenuhi permintaan pasar yang cukup tinggi sejak pertama kali hadir,” tandasnya.(ren/sis)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button