WEEKEND LIST

Kekeringan, Mata Air di Tengah Sawah Ini Tak Pernah Surut

CIANJURTODAY.COM, Karangtengah – Ibarat penyejuk saat kehausan, mata air di Kampung Karangsari, Desa Babakancaringin, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur ini terus mengeluarkan air saat kekeringan. Meskipun letaknya berada di tengah sawah, air yang keluar tetap jernih bagaimana pun cuacanya.

Lokasinya berada kurang lebih 300 meter dari Kantor Desa Babakancaringan. Menelusuri jalan setapak di pesawahan dan beberapa jembatan.

sawah kering

Berdasarkan penuturan tokoh setempat, mata air itu ternyata sudah ada sejak 10 tahun lalu. Masyarakat pun memasang beton di sekitar mata air untuk menampung air.

Baca Juga: Mahasiswa KKNM IKIP Siliwangi Selenggarakan Seminar Kewirausahaan

Uniknya, apa pun yang terjadi, air sumur tetap jernih. Meskipun sawah di sekitarnya sedang dibajak, ditanami, banjir, panen, atau kering, tak mempengaruhi mata air.

Air di sana tidak pernah surut, padahal sawah dan selokan di sekitarnya kering. Tak aneh jika mata air itu menjadi solusi warga saat kekeringan.

Baca Juga: Pelayanan di Kantor Desa Ini Berlaku Siang dan Malam

Saat kemarau seperti sekarang, masyarakat dari berbagai kampung datang ke sana membawa berbagai alat. Seperti jerigen, ember, botol, dan lainnya. Warga pun percaya bahwa air itu layak dikonsumsi. (rez)

Reporter : M Reza Fauzie
Editor : M Reza Fauzie

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker