CIANJURTODAY.COM – Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1441 Hijriah jatuh pada Jumat 31 Juli 2020. Keputusan ini disampaikan langsung Menteri Agama Fachrul Razi, melalui sidang isbat penetapan awal bulan Zulhijah 1441 Hijriah/2020 Masehi di Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (21/7/2020).

“Dinyatakan Idul Adha tanggal 10 Zulhijah 1441 Hijriah jatuh pada hari Jumat tanggal 31 Juli 2020.” kata Fachrul seperti dikutip dari Kompas.

Seperti biasanya, penetapan sidang isbat dilakukan dengan menggunakan dua metode yang tidak terpisahkan. Di antaranya metode hisab (perhitungan astronomi) dan metode rukyat (melihat langsung keberadaan hilal). Melalui kedua perhitungan ini, maka kemenag dapat menetapkan tanggal 1 Zulhijjah.

“Berdasarkan hisab posisi hilal seluruh Indonesia sudah di atas ufuk dan laporan rukyatul hilal juga sudah melihat hilal. Maka secara mufakat dinyatakan bahwa 1 Zulhijah tahun 1441 Hijriah jatuh pada hari Rabu tanggal 22 Juli 2020 Masehi,” ujar Fachrul.

Fachrul menegaskan, bahwa kedua metode tersebut selaras dan melengkapi satu sama lain, keduanya sama-sama penting. Adapun berdasarkan hasil hisab, diketahui posisi hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk.

Sedangkan untuk hasil pemantauan hilal di 84 titik rukyat di 34 provinsi di Indonesia. Penetapan ini, diharapkan dapat dirayakan pada hari yang sama, oleh seluruh masyarakat muslim di Indonesia.

“Mudah-mudahan dengan hasil sidang isbat ini seluruh umat Islam di Indonesia akan berhari raya Idul Adha tahun ini secara bersama-sama,” tutupnya.(ega/rez)