Gaya Hidup

Kemiripan Adegan Film Contagion dengan Corona yang Mewabah

CIANJURTODAY.COM – Setelah kemunculan virus Covid-19 atau virus Corona, tiba-tiba masyarakat banyak membicarakan film Contagion. Apa hubungannya? Diketahui pada film Contagion terdapat sejumlah adegan bahkan jalan cerita film ini disebut-sebut sama dengan situasi kita saat ini yang tengah menghadapi wabah virus Corona.

Film Contagion karya Steven Sodenbergh, bercerita mengenai kematian Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow) akibat penyakit yang tak diketahui. Beth mendapatkan penyakit itu setelah melakukan kunjungan bisnis ke Tiongkok.

Sebagaimana kita ketahui, virus Corona pertama kali ditemukan di Wuhan, China. Namun, bukan hanya itu kesamaan film ini dengan situasi kita sekarang. Ada banyak lagi kesamaan film tersebut yang membuat masyarakat berspekulasi, bahwa film tersebut telah meramal peristiwa virus Corona ini jauh-jauh hari. Berikut ulasannya!

1 Gejala Demam Tinggi

Setelah mulai menyebar ke lapisan masyarakat, gejala virus Corona pun telah diketahui. Salah satunya adalah demam tinggi. Namun, siapa sangka pada film Contagion Beth Emhoff juga diceritakan mengalami demam tinggi, sebelum mengalami gejala lainnya seperti batuk, demam 38,7 derajat Celsius, susah menelan, pusing, kejang, lalu meninggal dunia.

Lalu setelah jenazahnya diautopsi, ahli medis menemukan jaringan Sulcus di otak Beth hancur. Pemicunya virus baru tak dikenal. Gejalanya hampir mendekati gejala virus Corona.

2 Membuat Gempar Dunia

Virus Corona telah ditetapkan sebagai pandemi dan menjadi masalah dunia. Contagion pun menggambarkan virus yang membunuh Beth Emhoff menyebar berekspansi ke lintas kota, bahkan, lintas negara dalam hitungan hari.

Mereka juga turut menggambarkan bagaimana kekhawatiran Departemen Keamanan Dalam Negeri Prancis, dan Amerika Serikat dalam merespons wabah. Sebagaimana kita tahu, Prancis telah melakukan lockdown untuk menangkal virus ini.

3 Berkaitan Dengan Pasar Hewan dan Kelelawar

Setelah kemunculan virus Corona, masyarakat juga turut menuding kelelawar sebagai biang dari asal virus. Dalam film Contagion pun terlihat beberapa adegan pasar hewan. Tidak hanya itu meninggalnya Beth dalam film Contagion, dikarenakan virus yang berasal dari hewan.

Menurut riset medis yang diperkuat dr. Arrington (Steff Tovar), dr. Cheever (Laurence), dr. Sussman (Elliott Gould) dan dr. Leonora (Marion Cottilard) mereka menemukan gen kelelawar yang berbaur dengan gen babi dalam virus.

4 Kebutuhan Masker Mulut

Karena dapat menyebar lewat udara, dan interaksi secara dekat maka penggunaan masker sangat diperlukan. Saat ini dunia sedang krisis persediaan masker. Begitu pun dalam film ini orang-orang memakai masker, dan menjauhi kontak dengan yang lainnya.

5 Kegiatan Menyetok Bahan Makanan

Selain itu, kepanikan masyarakat terhadap virus yang membuat mereka menggila melakukan stok bahan makanan, juga ada di film ini.

Kepanikan mereka membuat banyak pasar swalayan, tiba-tiba laris dan kosong. Hal ini juga terjadi saat ini di Indonesia.

6 Dapat Menyebar Lewat Udara

Virus Corona dapat menyebar dengan cepat, salah satunya lewat udara. Dalam film ini juga ditunjukkan bagaimana virus itu menyebar. Mereka yang tak sengaja berpapasan dengan orang yang terinfeksi, juga ikut terjangkit.

Nah itu dia 6 kemiripan Film Contagion dengan masalah virus Corona saat ini. Menurut kamu ini kebetulan atau ramalan? (ct2/rez)

Sumber: Liputan6.com | Foto: Kompas

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami