Today

Kenaikan Retribusi Dikeluhkan, UPTD Pasar Cipanas Gelar Rapat Bersama

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – UPTD Pasar Cipanas menggelar rapat bersama untuk membahas kenaikan retribusi pasar yang mulai dikeluhkan pedagang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, anggota DPRD Kabupaten Cianjur komisi B, Sekretaris Dinas Disperindagin, DPP Pasar Cipanas, K5 Pasar Cipanas, dan perwakilan para pedagang Pasar Cipanas.

Kepala Pasar Cipanas, Widya Pratiwi mengatakan, menyikapi keluhan pedagang, UPTD Pasar Cipanas besama unsur terkait akan menampung aspirasi para pedagang.

“Jadi intinya, para pedagang bukan tidak setuju, tapi mereka meminta jeda sekitar tiga bulan atau enam bulan ke depan sampai situasi di Pasar membaik,” ujarnya kepada Cianjur Today di D’Colonel Cipanas, Cianjur, Senin (24/1/2022).

Sebetulnya, lanjut Widya, kenaikan retribusi ini tidak terlalu signifikan. Karena hanya naik Rp500 untuk kios dan Rp1.000 untuk los.

“Jadi untuk kios dari harga Rp2.500 menjadi Rp3.000 dan untuk los dari harga Rp2.000 menjadi Rp3.000 per hari,” paparnya.

Menurutnya, menyikapi hal tersebut, UPTD memang beberapa kali sudah mendiskusikan hal tersebut dengan sejumlah pihak untuk menambah fasilitas, salah satunya adalah pengadaan lift atau eskalator.

“Dengan fasilitas tersebut, para pengunjung bisa mendatangi semua area pasar dengan mudah. Sehingga akan membuat kuantitas pengunjung menjadi lebih meningkat,” jelasnya.

Selain itu, ia mengungkapkan, karena saat ini Cianjur sudah masuk PPKM level satu, nantinya akan digelar berbagai event atau lomba-lomba menarik bagi siswa sekolah sekaligus mengenalkan proses jual beli di pasar.

“Sehingga pengunjung di Pasar ini akan meningkat dan target PAD pasar sebesar Rp2 miliar bisa tercapai,” ucapnya.

Pasar Cipanas Harus Berinovasi

Terpisah, Sekdis Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperdagin) Cianjur, Wahyu Ginanjar menuturkan, kenaikan retribusi ini untuk meningkatkan PAD, sehingga perlu adanya inovasi terbaik dari Pasar Cipanas untuk mendatangkan pengunjung.

“Maka dari itu, pasar harus berinovasi bagaimana caranya bisa mengundang massa lebih banyak. Sehingga lingkungan pasar bisa lebih ramai dan banyak pengunjung yang datang,” ungkapnya.

Menurutnya, inovasi mendatangkan massa bisa dengan banyak cara, seperti menggelar berbagai acara kreatif, aneka perlombaan, hingga menambah fasilitas menarik lainnya.

“Saat ini juga unit BRI sudah hadir di Pasar Cipanas untuk memudahkan transaksi keuangan para pengunjung pasar. Dengan ini, semoga bisa mendongkrak daya beli masyarakat di Pasar Cipanas,” tandasnya.(ren/sis)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button