Gaya Hidup

Kenali Apa Itu Virus Corona, Berbahaya atau Tidak?

CIANJURTODAY.COM – Sempat mewabah di China, virus Corona menjadi perhatian seluruh dunia. Corona merupakan virus yang sudah ditemukan sejak 1960-an.

Virus ini telah menewaskan enam orang di Wuhan, China. Selain di China, ratusan orang di AS, Thailand, Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan juga melaporkan warganya terkena virus korona seperti Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) ini.

Hampir mirip dengan virus umum lainnya, dapat menyebabkan infeksi pada hidung, sinus dan tenggorokan bagian atas. Gejalanya sama seperti pilek, namun meski begitu kita tetap harus berhati-hati.

Virus itu telah dinamakan secara teknis 2019 Novel Coronavirus atau 2019-nCoV. Sejauh ini dikabarkan telah menyerang sekitar 300 orang.

Dikabarkan virus ini dapat menular dari manusia ke manusia, baik karena bersin, atau bersentuhan tangan.

Sumber Virus Berasal

Virus ini diduga tersebar di Wuhan, China. Pasar makanan laut, di Wuhan menjadi lokasi yang diidentifikasi menjadi lokasi penyebaran.

Ada lebih dari 315 kasus yang sudah terjadi di Hubei, Beijing dan Shanghai. Pada hari yang sama dengan AS, Taiwan juga melaporkan kasus 2019-nCoV. Seorang wanita yang mendarat di Taiwan dari Wuhan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Saat ini Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dijadwalkan akan menggelar rapat pada Rabu (22/1) untuk menentukan. Apakah 2019-nCoV bakal dinyatakan sebagai darurat kesehatan masyarakat global atau tidak. (ct2/rez)

Diolah dari berbagai sumber

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker