Gaya Hidup

Kenali Ciri-ciri Kepribadian Pendiam, Apa Itu Introvert?

CIANJURTODAY.COM – Apa itu introvert? Ini adalah salah satu jenis kepribadian yang dimiliki seseorang. Sebutan ini merupakan salah satu pengelomokan kepribadian manusia dalam ilmu psikologi. Pasti kamu sering mendengar istilah itu, Apa itu introvert?

Istilah introvert ini pertama kali dipopulerkan pada 1960-an oleh seorang tokoh Ilmu Psikologi bernama Carl Gustav Jung. Ia berasumsi introvert sebagai kaum minoritas. Walaupun demikian, peranan mereka dalam kehidupan sosial sangat menonjol.

Apa Itu Introvert?

Carl Gustav Jung menjelaskan introvert adalah kepribadian yang lebih dipengaruhi oleh dunia subjektif orientasinya tertuju ke dalam. Orang-orang introvert adalah mereka yang terampil dalam melakukan perjalanan ke “dunia dalam” yaitu diri mereka sendiri.

Mereka selalu mencoba memahami diri mereka sendiri dengan melakukan banyak perenungan dan berkontemplasi yakni berpikir dengan fokus.

Sedangkan menurut Menurut psikolog Hans Eysenck, introvert adalah satu ujung dari dimensi kepribadian introversi. Dengan karakteristik watak yang tenang, pendiam, suka menyendiri, suka termenung dan menghindari resiko.

Dari penelitiannya, menyimpulkan bahwa introvert merupakan suatu tipe kepribadian berdasar sikap jiwa terhadap dunianya. Merupakan satu ujung dari dimensi kepribadian introversi, yang dipengaruhi oleh dunia subjektifm orientasinya tertuju ke dalam.

Introvert merupakan kepribadian yang lebih cenderung kepada perasaan dan pikirannya sendiri daripada berinteraksi dengan orang lain atau dunia luar.

Ciri-ciri Kepribadian Introvert

Bagi pemilik kepribadian Introvert, tentunya terdapat ciri-ciri yang visa dilihat. Di antaranya ciri tersebut sebagai berikut:

• Cenderung suka memasuki dunia imajiner yang ia buat sendiri.
• Sering dianggap pendiam oleh orang lain, meski sebagain memang ada yang bersifat seperti itu. Namun sebagian lainnya lebih bersikap memilih untuk menyaring kata-kata yang keluar, untuk kepentingan tertentu.
• Berkumpul dengan banyak orang merasa menguras energi.
• Banyak pertimbangan, sering mengadakan analisis dan kritik diri.
• Pemurung serta kurang bergaul, karena ia hanya lebih suka berkumpul dengan orang-orang terdekatnya. Dengan lingkaran pertemanan dekatnya tidak terlalu besar.
• Berada sendiri di rumah adalah suatu kesenangan untuk orang introvert.
• Punya pandangan idealis.
• Cenderung lebih senang bermain di pikirannya sendiri. Memiliki kesadaran yang lebih mengenai diri sendiri. Tentang perbuatannya, serta akibat yang akan timbul dari yang perbuatannya.

Selain introvert ada juga istilah kebalikannya yakni ekstropert. ekstropert ditandai dengan mudah bergaul, terbuka, dan mudah membuat hubungan dengan orang lain. Tertarik dengan apa yang terjadi di sekitar mereka, sering membandingkan pendapat mereka dengan orang lain.

Bahkan seringkali banyak bicara, tak sedikit tertarik dengan orang-orang baru. Menghargai berbagai hubungan. Setra, mudah beradaptasi dalam berbagai lingkungan.

Jadi kamu termasuk orang seperti apa? Introvert yang lebih pendiam atau ekstropert yang lebih terbuka. Tentunya dua kepribadian tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.(ct4/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks