Bisnis Today

Kenali Domain Website Agar Terhindar dari Phising dan Scamming

CIANJURTODAY.COM – Kenali domain website agar terhindar dari membagikan phising dan scamming. Saat ini penggunaan sosial media sabgat tinggi di Indonesia. Bukan hanya kaula muda, para orang tua pun tak mau kalah pintar menggunakan gadget dan internet.

Dengan banyaknya pengguna sosial media ini, rupanya dimanfaatkan oknum-oknum tak bertanggung jawab. Jika Anda telah lama menggunakan internet, pasti tidak asing dengan istilah Phising dan Scamming.

Keduanya bisa disebut penipuan virtual paling populer. Phising dan Scamming memang selalu mudah membuat korbannya masuk jebakan, dengan berbagai modus dan konsep tipuan yang meyakinkan.

Salah satu tujuan Phising dan Scammibg adalah membuat pengguna menyebar luaskan tautannya, dengan fitur share. Memang bukan hal yang sulit dilakukan, share tak berbayar dan cukup klik satu kali. Namun, membagikan sebuah penipuan bukanlah ide bagus.

Namun bagaimana bisa para pengguna percaya dan membagikan Phising dan Scamming? Salah satu modus paling ampuh adalah menggunakan nama website resmi. Tapi tahukan Anda, di Indonesia ada aturan khusus terkait penggunaan domain website atau yang lebih dikenal dengan istilah dotcom (.com).

Setiap website, memiliki jenis dan domain berbeda. Maka dari itu mari kenali jenis-jenis domain yang ada, agar Anda tidak tertipu. Berikut ulasannya!

1 .go.id

Domain ini pasti tidak asing bagi Anda. Perlu Anda ketahui bahwa domain ini digunakan untuk web instansi resmi Pemerintah. Go = Goverment

Id = indonesia.

2 co.id

Untuk domain ini diperuntukan bagi website resmi dari perusahaan corporate.

3 or.id

Domain ketiga adalah untuk website resmi dari organisasi.

4 sch.id

Sedangkan domain berikutnya adalah untuk website resmi sekolah.

Di Indonesia, mendapatkan domain tidaklah mudah ada aturan ketat. Berbeda dengan di luar Indonesia, Id itu bisa dibeli siapa aja tanpa persyaratan yang rumit.

Kerugian Terkena Phising dan Scamming

Ada banyak kerugian dari phising dan scamming. Mulai dari hilangnya akun media sosial, yang nantinya akan disalah gunakan, hingga yang paling parah adalah penipuan uang. Apalagi jika Anda pengguna jasa uang digital seperti OVO, Gopay, bahkan m-banking.

Maka dari itu, pastikan untuk selalu berhati-hati dalam bermedia sosial. Pastikan untuk selalu teliti.(ega/bbs/rez)

Meta

Key

Phising
Scamming

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami