ABOUT DESAUpdate Covid-19

Keren! Desa Sukadana Pasang Gapura Disinfektan

CIANJURTODAY.COM, Campaka – Warga Desa Sukadana, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur berinovasi membuat gapura yang bisa menyemprotkan cairan disinfektan otomatis. Hal itu sebagai langkah pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Kepala Desa Sukadana Terpilih, Ayi Uus Supriadi, mengatakan warga menyadari akan cepatnya penularan virus Corona. Oleh karena itu untuk antisipasinya, setiap orang yang masuk ke Desa Sukadana diharuskan disemprot cairan disinfektan. Penyemprotan dilakukan secara otomatis.

“Penyemprotan zat pembunuh virus itu tidak dilakukan secara manual. Kita memasangnya di gapura pintu masuk,” paparnya kepada Cianjur Today, Senin (30/3/2020).

Ia menjelaskan, cairan itu disemburkan secara otomatis saat ada orang yang melintasi di gapura tersebut. Gapura itu dibuat dari baja ringan dengan tinggi tiga meter, lebar dua meter dan dipasang sensor gerak.

“Bahannya dari baja ringan supaya gampang bongkar pasang dan dipindahkan,” terangnya.

Ayi menuturkan, perakitan instalasi hingga pemasangan gapura penyemprot itu dilakukan oleh anggota Karang Taruna, Retana, dan Perangkat Desa Sukadana.

Gapura dipasang di dua tempat yaitu di Kampung Neglasari perbatasan antara Desa Sukadana dan Desa Salagedang, Kecamatan Cibeber. Kemudian di Kampung Ciherang perbatasan dengan Desa Wangunjaya, Kecamatan Campaka. Pembuat gapura itu menghabiskan dana sekitar Rp3,5 juta.

“Sudah termasuk kelengkapan alat-alat spray atau shower disinfektannya. Semuanya menggunakan anggaran dari ADPDes perubahan,” ungkapnya.

Warga sepakat memberi nama gapuranya dengan Gapura Sukadana Lawan Virus Corona.

Ketua Karang Taruna Desa Sukadana, Yudi Yansyah, menambahkan pihaknya sudah memberikan informasi kepada masyarakat bahwa Pemdes Sukadana telah memasang cairan disinfektan di gapura pintu masuk.

“Kita beri imbauan ke warga lewat sosial media, grup whatsapp. Di gapura Desa Sukadana sudah ada cairan disinfektan dipasang secara otomatis. Jadi ketika ada warga keluar masuk, bisa lewat sini dan berhenti sejenak biar kena semprot,” pungkasnya.(yan/rez)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker