Today

Kereta Api Cianjur – Ciranjang Akan Dioperasikan

CIANJURTODAY.COM, Bandung – Kabar gembira untuk masyarakat Cianjur dan sekitarnya. Kereta Api (KA) tujuan Sukabumi – Cianjur – Ciranjang akan dioperasikan. Hal tersebut merupakan bagian dari reaktivasi jalur KA Cianjur – Padalarang tahap pertama.

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Joni Martinus, mengatakan rangkaian kereta yang akan digunakan rencananya adalah KA Siliwangi yang saat ini sudah beroperasi jurusan Sukabumi – Cianjur. Rencananya, pengoperasian akan dilaksanakan akhir Maret 2019.

“Untuk Cianjur – Padalarang itu dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian, dari pemerintah, sedang menghidupkan kembali. Tahap pertama itu Cianjur – Ciranjang, dan itu segera akan dioperasikan. Terakhir informasi yang kami dapatkan dari teman-teman DJKA, di akhir Maret nanti akan dioperasikan. Artinya, skenarionya kemungkinan Kereta Api Siliwangi yang tadinya Sukabumi – Cianjur akan diperpanjang jadi Sukabumi – Cianjur – Ciranjang,” paparnya kepada wartawan, di sela-sela acara Ngopi Bareng KAI di Stasiun Bandung.

Baca Juga: Seorang Kakek Terserempet Kereta Api di Cibeber

Detik-detik Angkot di Cianjur Nyaris Tertabrak Kereta Api

Ngopi Bareng KAI #3, 50 Ribu Cup Kopi Gratis Disiapkan di 17 Stasiun

Saat ini, sejumlah spanduk sosialisasi bertuliskan ‘Hati-hti saat melewati perlintasan! Jalur kereta api Cianjur – Ciranjang akan segera diaktifkan’ sudah terpasang di sejumlah perlintasan di Cianjur hingga Ciranjang. Namun terkait tarif tiket belum ada keterangan.

“Kalau kita lihat spanduk-spanduk di perlintasan dari teman-teman DJKA sudah pasang. Insyaallah kalau tidak ada perubahan akhir Maret akan ada perpanjangan operasi KA Silwangi. Kalau tidak ada perubahan ya!” tambahnya.

Di sisi lain, nantinya jika jalur KA Cianjur – Padalarang sudah aktif, masyarakat banyak pilihan untuk berangkat ke Jakarta. “Tentu harapan kita semua, dukungan dari masyarakat, dan pihak terkait untuk bisa mendukung program tersebut. Karena nantinya kalau Cianjur – Padalarang tersambung, masyarakat akan banyak pilihan untuk sampai Jakarta. Jadi tidak hanya Bandung – Purwakarta – Jakarta, nanti akan bisa lewat Selatan. Bandung – Cianjur – Sukabumi – Jakarta,” tandasnya. (Rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button