Today

Kesal Soal Etika Bangunkan Sahur Pakai Toa Masjid, Zaskia Adya Mecca Curhat di Instagram

CIANJURTODAY.COM – Kesal bercampur heran, artis Zaskia Adya Mecca menyampaikan curhatannya di akun Instagram miliknya, terkait etika membangunkan sahur dengan menggunakan toa masjid.

Awalnya Zaskia Mecca nampak mengunggah sebuah video yang merekam suara seseorang membangunkan sahur dengan berteriak menggunakan toa atau pengeras suara di masjid.

Namun, istri Hanung Bramantyo ini merasa sangat terganggu dengan aktivitas membangunkan sahur yang menurut sebagian orang sedang tren atau banyak dilakukan di berbagai daerah.

“Cuma mau nanya ini, bangunin model gini lagi hits katanya?! Terus etis enggak pake toa masjid bangunin model gini? Apalagi kita tinggal di Indonesia yang agamanya pun beragam. Apa iya dengan begini jadi tidak menganggu yang tidak menjalankan sahur!” tulis Zaskia di akun Instagramnya @zaskiaadyamecca, Kamis (22/4/2021).

Hal ini rupanya sempat membuat Zaskia merasa terkejut, namun beberapa orang terdekat mengatakan kepadanya jika cara tersebut tengah hits saat ini.

“Beneran bingung ini masjid deket rumah. Pas aku agak kaget-kaget denger di hari pertama, orang di lingkungan pada bilang ‘lagi hits bangunin model gitu’,” tulisnya.

Zaskia menanyakan keheranannya ini kepada pengikutnya di Instagram. Menurut dia, cara seperti itu sangatlah tidak pantas karena dapat mengganggu orang lain.

“Aku yang asing, atau situasi yang semakin asing yaa… buat aku, kok enggak lucu, enggak etis, enggak menghargai orang lain. Buat kamu gimana?! Apa aku yang terlalu serius?” tulisnya.

Dalam video yang diunggah tersebut, terdengar jelas seseorang yang menyerukan sahur melalui toa masjid.

Tak seperti seruan pada umumnya, orang tersebut justru menyerukan suara sahur dengan kalimat-kalimat yang dinilai kurang sopan.

“Bapak-bapak, ibu-ibu, adek-adek, warga RT 04/RW 09 dan sekitarnya, yang menjalankan ibadah puasa, waktunya sahur yah, sahur yah, sahur yah, sahur, sahur, sahur, bangun, bangun, bangun,” seru orang dalam video.

“Yang belum masak, silahkan masak, bangun, bangun, yang males masak, go food ada, ayo bangun, bangun, bangun,” ujarnya.

“Sahur, sahur, sahur, lontong sayur, sekian terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,” teriaknya.

Jika didengarkan dengan seksama, Zaskia juga sempat melemparkan kritikannya terhadap orang yang menyerukan sahur dalam video tersebut

“Gua lempar sendal itu kalo deket,” seru Zaskia.

“Gue lempar sendal nih kalo keliatan,” imbuhnya di sela-sela video tersebut.

Netizen yang melihat postingan Zaskia itu pun menuliskan berbagai komentar mereka pada unggahan tersebut.

Tak sedikit warganet yang setuju dengan kritikan Zaskia. Namun, banyak warganet yang juga mengaku seruan sahur tersebut merupakan hal wajar di bulan Ramadan.

Hingga saat ini tayangan Zaskia tersebut sudah dilihat lebih dari 1,58 juta orang dan disukai lebih dari 11 ribu penggemarnya.(sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button