Gaya Hidup

Ketahui Syarat dan Job Desk Seorang Teller Bank

CIANJURTODAY.COM – Kamu bercita-cita menjadi teller bank? Ketahui dulu syarat dan job desk atau tugas seorang teller bank!

Berikut kami rangkum apa saja job desk dan syarat menjadi seorang taller bank yang harus kamu penuhi.

Pendidikan

Menjadi seorang taller bank biasanya diharuskan memiliki jenjang pendidikan minimal SMA/Diploma III. Bukan hanya lulusan jurusan keuangan (ekonomi/akuntansi) saja yang bisa menjadi taller bank ini. Tetapi beberapa jurusan seperti matematika dan ilmu komunikasi juga bisa bekerja di posisi ini.

Karena biasanya nanti akan ada semacam pelatihan bagi pegawai baru. Tidak hanya dari jurusan keuangan saja yang bisa. Terpenting punya IPK yang sesuai dengan yang diminta oleh perusahaan bank yang kamu tuju.

Memiliki Hard Skill

Hard skill merupakan keahlian yang terlihat. Untuk bekerja di posisi ini, kamu diharuskan memiliki beberapa keahlian seperti hitung cepat.

Ditambah kemampuan berbahasa asing (Inggris) baik verbal maupun nonverbal yang baik. Nanti pasti akan menemui nasabah yang merupakan Warga Negara Asing, sehingga agar tidak mengecewakan dan membuat citra buruk bank.

Menjiwai Soft Skill

Tidak hanya hard skill yang diutamakan tapi juga soft skill. Di antaranya perlu memiliki sikap yang ramah dan sopan terhadap orang lain. Hal tersebut akan berdampak pada citra bank itu sendiri.

Selain itu, seorang teller bank harus sabar dan punya keuletan atau ketelitian yang tinggi. Karena nanti akan berhadapan dengan uang yang jumlahnya tidak sedikit

Komunikasi yang Baik

Sebagai seorang taller bank nantinya kamu akan bertemu dengan banyak nasabah. Oleh karen itu, diharuskan mampu menyapa dan tersenyum dalam kondisi apapun supaya nasabah tidak kabur dan tentunya merasa nyaman.

Jila kamu merasa masih kesulitan dalam berbicara dengan orang lain. Cobalah belajarlah public speaking sendiri dengan cara melatih berbicara di depan cermin, lalu mengaplikasikannya dalam keseharian.

Good Looking

Good Looking ini bukan berarti harus cantik atau tampan, karena hal itu menjadi penilaian subjektif orang. Namun kamu harus terlihat menarik di mata orang lain dan kamu akan di tuntut untuk tampil sempurna baik dari sisi fisik, pakaian, dan kelakuan.

Berpenampilan menarik tak harus cantik atau ganteng tapi sesuaikan dengan penampilan kamu. Tidak terlalu memaksakan diri tampil sempurna, tapi cobalah berdandan semaksimal mungkin.

Job Desk Teller Bank

Setelah memahai persyaratan menjadi taller bank, berikutnya kamu harus tahu juga nih, job desknya seperti apa.

• Menjalin hubungan baik dengan nasabah (perilaku).
• Memproses transaksi dari nasabah/non nasabah/masyarakat umum baik itu setoran atau tarik tunai yang ada di dalam layanan bank tersebut.
• Menerima setoran tunai, warkat sendiri dan warkat kliring dalam mata uang rupiah untuk segala jenis transaksi.
• Menerbitkan/mengesahkan tanda terima setoran tunai, warkat sendiri dan warkat kliring.
• Menerima bank notes dalam mata uang asing untuk segala jenis transaksi. Seperi pembelian maupun penjualan valas (valuta asing).
• Membayar tunai dalam mata uang rupiah untuk segala jenis transaksi.
• Menyerahkan bank notes dalam mata uang asing untuk segala jenis transaksi.

Nah, itulah syarat dan job desk yang harus kamu ketahui dan pelajari untuk menjadi seorang taller bank.(ct4/rez)

Artikel diolah dari berbagai sumber. Foto: Ilustrasi/Pixabay

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker