Today

Ketua RT/RW Desa Palasari dan Sindangjaya Dikukuhkan

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Ketua RT dan RW Desa Palasari dan Desa Sindangjaya periode 2020-2025 dilantik dan dikukuhkan di Hotel Yasmin, Kampung Pengkolan,Desa Palasari, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Senin, (6/7/2020). Kegiatan ini pun ikut dihadiri Plt Bupati Cianjur H Herman Suherman.

Herman Suherman pun mengapresiasi kegiatan pelantikan dan pengukuhan ketua RT dan RW tersebut. Ia berpesan kepda RT dan RW untuk melaksanakan tugas dan amanah dari masyarakat dengan niat untuk ibadah. Serta, membantu masyarakat di wilayahnya masing-masing.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Cianjur mengucapkan apresiasai kepada Camat Cipanas kepala Desa Palasari dan Kepala Desa Sindangjaya yang telah mengukuhkan RT dan RW, “ujar ujarnya saat diwawancara.

Selain itu, ia mengatakan, kesejahteraan RT dan RW akan terjamin dan akan menambah insentif untuk para RT dan RW se-Kabupaten Cianjur. Ia menyebut, hal itu akan diwujudkannya jika ia terpilih kembali di pemilihan Bupati Cianjur.

“Saya bukan bantuan tapi insentif untuk meng SPJ kan dan kalu meng SPJ kan saya kurang sepaham karena saya ingin uang itu langsung turun ke RT/RW langsung,” ujarnya.

Ia menegaskan, RT dan RE itu pekerjaanya paling berat karena merupakan ujung tombak pemerintahan. Ia menyebut, RT dan RW bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Ketua Forum RT/RW Kabupaten Cianjur Daseng Hakimi mengatakan, para RT dan RW baru harus diberi pembekalan agar sinergis.

“Karena ini para RT/RW yang baru jadi harus dikasih pembekalan oleh Bupati Cianjur supaya bersinergis dengan kepala desa dengan program pemerintahan initinya supaya seritme,” kata dia.

Ia mengatakan, untuk rencana ke depan akan membuat kartu tanda anggota (KTA) semua RT/RW di segala tingkatan.

“Kartu KTA ini juga untuk menyangkut masalah kesehatan seperi BPJS nanti akan di batu di geratiskan termasuk legalitasnya,” ungkap dia.

Ia berharap, setelah dilantiknya ketua RT dan RW ini bisa bekerja lebih efektif lagi di lingkunganya. Ia mengatakan, karena RT/RW adalah ujung tombak pemerintahan karena mereka yang sering bersentukan dengan masyarakat.

“Kami dari forum RT/RW sangat berapresaiasi kepada Bupati Cianjur untuk lebih memperhatikan lagi para ketua RT dan RW, ” tandasnya.

Pemilihan Ketua RT Rasa Pilpres

Pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) di Kampung Pajagan RT03/RW 08 Desa Sukamulya, Kecamatan Sukaluyu yang digelar, Minggu (05/07/2020) kemarin bisa dikatakan berbeda dari yang lain. Pemilihan ketua RT yang biasanya digelar sederhana, kini bisa digelar seperti Pemilihan Presiden atau Pilpres.

Dalam praktiknya, masyarakat yang akan memilih haurs menunggu giliran agar bisa mencoblos dengan mengambil nomor antrian. Diketahui, kandidiat ketua RT di lokasi itu ada tiga orang kandidat yaitu Uun Suparno, Nuryani dan Aceng Rahmat.

Ketua Panitia Pemilihan Ketua RT, Aceng Basuni mengatakan, konsep pemilu seperti pilpres dan pilkada memang sengaja dipilih oleh panitia pemilihan. Ia menyebut, konsep pemilu yang diterapkan pada pemilihan ketua RT dapat menjadi bentuk pembelajaran demokrasi kepada masyarakat.

“Kita sengaja mengkonsepnya seperti ini sebagai bentuk pembelajaran demokrasi kepada masyarakat,” tuturnya, Minggu (05/07/2020).

Selain itu, ia pun mengatakan, masyarakat mengikuti pemilihan dengan antusias, tertib, dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Bahkan, lanjut dia, masing-masing tim sukses pendukung calon ketua RT pun bersikap sportif dan menerima hasil pemungutan suara.

Dari tiga kandidat calon ketua RT, hasilnya lolos satu nama dan menjadi Ketua RT 03 yaitu Aceng Rahmat dengan perolehan suara sebanyak 121 suara. Sementara itu, kandidat lainnya yaitu Uun Suparno mendapatkan 100 suara, disusul oleh Nuryani yang mendapatkan 27 suara.

Turut hadir dan memberikan apresiasi, Kepala Desa Sukamulya, Wawan Suwandi mengatakan, konsep pemilihan ketua RT seperti ini secara tidak langsung dapat memberikan pembelajaran demokrasi kepada masyarakat.

“Saya sebagai Kades Sukamulya, mengapresiasi kepada panitia yang melakukan pemilihan ketua RT dengan konsep berbeda. Dan sedikitnya memberikan pembelajaran mengenai demokrasi kepada masyarakat.” singkatnya. (ct6/afs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami