Ramadan Today

Keutamaan Ramadan yang Luar Biasa dari Bulan Lainnya

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Bulan suci Ramadan dikenal dengan bulan yang penuh dengan keberkahan dan keutamaan. Ada pula berbagai keutamaan di bulan Ramadan yang luar biasa jika dibandingkan dengan bulan lainnya.

Salah seorang ulama Kampung Wargaluyu, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Ustaz H Ruhmawan, menjelaskan, salah satu dari keutamaan bulan Ramadan adalah berlipatgandanya pahala.

“Di antaranya pelipatgandaan fadilah sholat yang awalnya sunnah itu nilainya jadi wajib dan yang wajib dilipatgandakan jadi 700 kali,” tuturnya saat ditemui Cianjur Today di Masjid Jami Almuttaqin, Kampung Wargaluyu, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Sabtu (25/04/2020).

Selain itu, ada pila keutamaan yang lain ketika seseorang memberikan makanan bagi yang berbuka puasa. “Memberikan sebagian makanan kepada yang berbuka sama dengan nilai pahalanya seperti yang berbuka tanpa mengurangi ganjar yang berpuasa itu,” ungkap dia.

Ia menjelaskan, bulan Ramadan merupakan bulan diturunkannya Alquran, pedoman hidup bagi umat muslim.

“Dengan Alquran itu manusia tidak tersesat dan tetap di jalan yang diridhai Allah, orang mengaku muslim tapi jauh dari Alquran maka dia tersesat,” jelas dia.

Selain itu, Ust H Ruhmawan pun mengungkapkan, di bulan Ramadan ada malam istimewa bernama Lailatul Qadr. Malam itu begitu istimewa dan berlangsung selama 10 hari terakhir bulan Ramadan.

“Jadi Lailatul Qadr itu lebih bagus daripada beribadah sebanyak 1000 bulan atau 83 tahun. Jadi jika kita menghidupkan malam Lailatul Qadr di 10 hari terakhir Ramadan, maka kita dapat nilai ibadah itu,” ucap dia.

Bahkan, menurutnya, berpuasa di bulan Ramadan pun bisa menyehatkan tubuh secara ilmu kesehatan Islami.

“Juga dengan urusan akherat lainnya, Allah langsung yang akan akan mengganjarnya,” ungkap dia.

Selain itu, di bulan Ramadan ada dua pintu surga yang dibuka. Ia menjelaskan, orang yang berpuasa akan masuk surga melalui dua pintu itu.

“Puasa juga ada pintu yang bernama babbu siyam dan babu royyan, yang berpuasa itu akan masuk ke surga khusus dengan pintu shaum tersebut.” tukasnya.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button