Today

KH Ahmad Dahlan Pernah Tinggal di Cianjur dan Mendirikan Sekolah

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Siapa yang tidak kenal KH Ahmad Dahlan? Sosok yang dikenal sebagai pendiri Persyarikatan Muhammadiyah ini ternyata pernah tinggal di Cianjur dan mendirikan sekolah di masa kolonial Belanda.

Hal itu diungkapkan Pendiri Muhammadiyah Cianjur, Tohir Azhari (97). Ia menceritakan bahwa KH Ahmad Dahlan memiliki istri selain Siti Walidah yakni Nyai Aisyah.

“Beliau hanya meninggalkan dahulu istri orang Sukabumi yang dibawa ke Cianjur, tinggal depan sekolah Al-Ianah kalau dari sebelah kanan jalan ke Masjid Agung Cianjur,” kata dia kepada Cianjur Today, belum lam ini.

Tidak hanya itu, KH Ahmad juga pernah mendirikan sekolah di Cianjur. Tinggal di Cianjur lima tahun setelah Muhammadiyah didirikan atau sekitar 1917.

“Ahmad Dahlan pernah mendirikan Hollandsch Inlandsche School (HIS) Muhammadiyah kalau sekarang itu SD yang tempatnya sekarang jadi YPI Al-Muawanah,” kata dia.

HIS Muhammadiyah berada di Kelurahan Pamoyanan, Cianjur. Ahmad Dahlan memiliki murid yang merupakan ketua Yayasan Al-Ianah.

“Murid yang ditinggalkan Ust Abu Bakar almarhum, ketua Yayasan Al-Ianah pegawai Departemen Agama dulunya,” ungkap dia.

Akhirnya, setelah sekitar dua tahun tinggal di Cianjur, KH Ahmad Dahlan kembali ke Yogyakarta. Sementara, Nyai Aisyah tinggal di Kamboja bersama anaknya.

“Istrinya berkembang di Kamboja bersama anaknya. Ada cucunya Prof Dr Kursi di Bandung yang jadi ketua jurusan di UAD tahun 70-an,” kata dia.

Meskipun tidak lama, kata Tohir, Ahmad Dahlan selalu wara-wiri melakukan dakwah di berbagai daerah di Cianjur.(afs/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks