Ramadan Today

Khutbah Ustaz Ahmad Yani: Hikmah Ramadan di Tengah Pandemi Corona

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Berikut khutbah tentang Ramadan tahun ini menjadi yang paling berbeda dari pada sebelumnya. Pandemi Corona / Covid-19 membawa hikmah yang lain daripada yang lain. Tapi, sudahkah Anda tahu hikmah beribadah Ramadan di tengah pandemi Covid-19?

Salah seorang tokoh ulama Kabupaten Cianjur, Ustaz Ahmad Yani, mengatakan umat Islam harus meningkatkan ketakwaan, keimanan, dan kesabaran. Ia pun menjelaskan beberapa hikmah beribadah Ramadan di tengah pandemi Covid-19.

“Dengan ada tidak banyak keluar rumah akan lebih terjaga pandangan mata kemudian ke hati akan terjaga,” tuturnya kepada Cianjur Today, Minggu (26/04/2020)

Selain itu, ada banyak hikmah lainnya ketika beribadah Ramadan di tengah pandemi Covid-19.

“Dalam situasi seperti ini tentu hikmahnya sangat banyak. Biasanya banyak wara-wiri ke sana kemari. Ya Alhamdulillah dengan seperti ini masyarakat banyak yang menahan diri,” katanya.

Menurutnya, semua ibadah di bulan Ramadan masih bisa dilakukan selama masa darurat Virus Corona. Meskipun ada yang dilakukan di rumah, ada pula yang di masjid.

“Semua bisa, shalat tarawih di zona hijau atau kuning masiih bisa di masjid. Kalau tidak bisa di rumah dengan keluarga. Sebenarnya keutamaan sholat sunnah itu di rumah. Tapi di zaman Rasul dan Umar bin Khattab pernah di masjid, maka ulama menganjurkan di masjid. Tapi dengan kondisi seperti ini salat tarawih tetap berjalan ada yang di masjid ada yang di rumah,” kata dia.

Melalui khutbah Ramadan ini, ia pun berharap masyarakat tetap semangat dalam beribadah walaupun dalam kondisi darurat. Seraya berpesan agar terus berdoa kepada Allah.

“Masyarakat harus bersemangat karena dengan ini ada tantangan berdoanya harus lebih sering. Di sepertiga malamnya harus lebih kenceng lagi. Harus meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan. Meminta pertolongan termasuk semoga Allah angkat segera covid ini.” tutupnya.(afs/rez)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button