Today

Kisah Mahasiswa yang Ditangkap Saat Demo Omnibus Law, Fotonya Mirip Dilan 1990

CIANJURTODAY.COM , Cianjur – Foto seorang mahasiswa UIN Sunan Gunung Jati asal Cianjur yang disamakan dengan foto Iqbal Ramadhan di film Dilan 1990 sempat ramai di Twitter.

Mahasiswa bernama Ari Hasan Asyari, (21) merupakan pemuda asli Kecamatan Ciranjang. Ia sempat viral ketika fotonya saat ditangkap aparat Polrestabes Bandung dalam aksi penolakan Omnibus Law di Gedung Sate, Bandung tersebar.

Ari Hasan Asyari mengatakan, kejadian itu terjadi pada Kamis (08/10/2020), saat itu ia sambil melakukan peliputan di salah satu media.

“Nah, saya itu sebenarnya sambil ngeliput untuk salah satu media. Pas chaos itu kan dipaksa mundur karena sudah mendekati Gedung Sate, karena depan gedung sate itu harus clear tidak ada pendemo,” kata Ari melalui telepon, Sabtu (17/10/2020).

Ia menjelaskan, saat itu ia tiba-tiba ditangkap oleh aparat berpakaian sipil. Tanpa alasan yang jelas, ia dilaporkan ke provos. Dan, berhubung saat itu ia sedang tidak melakukan peliputan.

“Saat itu, jadi saya dibilang bahwa saya pedemo. Langsung saya diambil dan diamankan oleh propos kurang lebih pada pukul 16.30 WIB di Gedung Sate bersama massa aksi yang lain,” ujar Ari.

Mendapatkan Binaan

Kemudian, lanjut Ari, sekitar pukul 19.00 WIB, ia dibawa ke Polrestabes Kota Bandung untuk mendapatkan binaan dari aparat kepolisian tersebut.

“Setelah saya dibina kurang lebih yang pertama itu dimintai keterangan tujuan saya ikut aksi. Kemudian, ditanya mengenai keterangan biodata, kemudian difoto empat kali samping kiri dan samping kanan depan belakang,” kata dia.

Selain itu, ia mengaku, tidak ada intimidasi atau penganiayaan ketika mendapatkan binaan di Polrestbes Kota Bandung. Namun, ia sempat ditarik dengan sangat kuat ketika diamankan.

“Untuk pas pembebasan waktu itu hanya mengisi surat pernyataan peringatan bahwa tidak akan melakukan lagi dan surat-surat serah terima dari orang tua atau wali. Saya juga diwakili atau dijemput oleh salah satu pihak di jurusan saya.” tandasnya.

Foto Ari yang disandingkan dengan foto Iqbal Ramadhan di film Dilan 1990 sempat ramai di jagat Twitter. Foto yang diunggah akun @memefess itu telah disukai sebanyak 1.147 kali dan diretweet sebanyak 136 kali.(ct6/afs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker