Today

Klaster Lebaran, 24 Warga Cianjur Selatan Positif Covid-19

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Sebanyak 24 orang warga di Cianjur selatan, tepatnya di Kampung Cibuluh, Desa Cibuluh, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab PCR.

Terpaparnya 24 warga di wilayah Cianjur selatan itu akibat mobilisasi masyarakat pada momen lebaran, termasuk kehadiran pemudik dari luar daerah yang kembali ke kampung halaman.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur dr Yusman Faisal mengatakan, peristiwa terpaparnya 24 warga itu terjadi sekitar dua pekan terakhir, bertepatan dengan momen mudik Lebaran 2021.

“Kronologis awalnyaialah saat terjadi ada seorang warga yang merupakan pemudik mengalami sakit. Kemudian melakukan pengobatan tradisional dengan cara pijat oleh seorangterapis,” jelas Yusman kepada Cianjur Today, Jumat (28/5/201).

“Terapis atau pemijat ini berkeliling ke sejumlah warga yang juga menggunakan jasanya, sehingga terjadi penularan dan penyebaran Covid-19,” sambungnya.

Dalam satu kampung tersebut, kata Yusman, terdapat satu ke RT-an yang diklasifikasikan sebagai zona merah. Sementara tiga ke RT-an lainnya di klasifikasikan sebagia zona oranye.

Yusman menyebutkan, seluruh warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu seluruhnya tidak ada yang bergejala. Sehingga tidak perlu mendapatkan rujukan ke rumah sakit.

“Sebanyak 24 warga yang terkonfirmasi, saat ini masih menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Mereka masing-masing di bawah pengawasan ketat Satgas Covid-19 yang ada di wilayah itu,” sebutnya.

Sementara itu, sambung Yusman, untuk jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pascalebaran di Kabupaten mencapai 474 orang.

“Sepekan pascalebaran itu ada 80 orang yang positif Covid-19, kemudian di pekan berikutnya bertambah lagi. Totalnya hingga saat ini ada 474 orang,” pungkas.(afs/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button