CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Pramono Ubaid, mengunjungi Kantor KPU Kabupaten Cianjur dalam launching Gerakan Klik Serentak, Rabu (15/07/2020). Selain itu, ia mengapresiasi terhadap kinerja KPU bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur.

Gerakan Klik Serentak merupakan pembukaan laman web milik KPU yang bisa memeriksa data dan nama pemilih di 270 daerah yang menggelar Pilkada 2020. Dengan demikian, masyarakat bisa memeriksa secara mandiri.

“Jika bisa ngecek mereka bisa melihat data mereka akurat atau belum. Misal sebenarnya sudah pindah RT atau kelurahan itu bisa dicek di situ. Kalau masih alamat lama itu bisa daporkan ke petugas PPDP ketika ada pencatatan,” tuturnya kepada wartawan.

Pramono Ubaid mengatakan, pihaknya ingin memantau persiapan KPU Cianjur dalam melaksanakan Pilkada 2020. Ia pun menyebut, mendapatkan kabar gembira atas kinerja KPU Cianjur bersama Pemda Cianjur.

“Kami mendapat informasi dari sisi anggaran dukungan dari pemerintah daerah sudah 100 persen dicairkan. Sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan di Permendagri 41 sebelum 15 Juli anggaran pilkada sudah harus dicairkan ke KPU masing-masing,” katanya.

Atas hal itu, ia mengapresiasi jajaran Pemda Cianjur yang telah memberikan dukungan penuh kepada KPU Cianjur dalam pelaksanaan Pilkada 2020.

“Pemda juga memberikan pemenuhan Alat pelindung diri untuk jajadan adhoc untuk verfak atau pencatatan. Ini bisa jadi contoh bagi Pemda yang menyelenggarakan Pilkada,” sebutnya.

Berita Gembira

Bahkan, ia menyebut, kebanyakan daerah malah menunda pencairan anggaran Pilkada 2020. Apalagi memberikan tambahan APD.

“Kebanyakan menunda pencairan anggaran, apalagi memberikan tambahan apa seperti tadi. Di Cianjur kami dapat berita yang cukup mengembirakan. Saat ini ada 148 daerah sudah 100 persen,” jelas dia.

Dalam kunjungannua, ia juga ingin melihat perkembangan rekapitulasi hasil verifikasi faktual untuk pasangan calon perseorangan.

“Di sini ada dua yang sudah di rekapitulasi di kecamatan. Kita ingin memastikan ini berlangsung dengan baik. Sehingga kalau dengan baik apapun hasilnya nanti ketika rekapitulasi di kabupaten Cianjur itu bisa diterima,” kata dia.(afs/rez)