Today

Komunitas Kawan Ukhuwah Gelar Shalat Khusuf dan Nobar Gerhana Bulan Total di Tiga Lokasi

CIANJURTODAY.COM, Karangtengah – Komunitas Kawan Ukhuwah menggelar shalat khusuf berjamaah dan nonton bareng Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon, pada Rabu (26/5/2021) malam.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di tiga titik sekaligus, yakni di Kampung Kopo Wetan Masjid As-Salam, Basecamp Kawan Ukhuwah di Jalan Lingkar Selatan Sabandar Karangtengah, dan di Masjid Al-Ukhuwah Kampung Kuta RT 04/RW 04 Ciranjang dengan menggunakan teropong.

Founder sekaligus Ketua Komunitas Kawan Ukhuwah, Arif Munawar mengatakan, kegiatan tersebut sekaligus pengumpulan sedekah dan pembagiannya diberikan bagi masyarakat sekitar yang kurang mampu.

“Dengan merujuk hadist riwayat Bukhari Nomor 1044 bahwa Matahari dan Bulan merupakan tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut (gerhana), maka berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat, dan bersedekahlah,” tutur Arif kepada Cianjur Today, Kamis (27/5/2021).

KHUSUF: Komunitas Kawan Ukhuwah gelar shalat khusuf berjamaah dan nobar Gerhana Bulan Total pada Rabu (26/5/2021) malam. (Foto: Riski Maulana/cianjurtoday.com)

Menurut Arif, hal yang menarik dari Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon itu merupakan fenomena astronomi langka yang terjadi hanya beberapa kali dalam hidup kita.

“Meskipun demikian, munculya gerhana merupakan sebuah pertanda kekuasaan Allah yang seharusnya dapat direnungkan. Tidak hanya sebagai fenomena, tapi juga menjadi penguat iman dan ketakwaan,” ucapnya.

Kegiatan ini, lanjut Arif, merupakan kegiatan yang baru pertama kali dilakukan oleh komunitasnya. Menurutnya, ada sekitar 30 orang yang datang di masing-masing lokasi.

“Pelaksanaan shalat sunah berjamaah dan nobar Gerhana Bulan Total tentunya sudah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan baik. Kami wajibkan semua orang untuk memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” sebutnya.

Arif pun menjelaskan, program Komunitas Kawan Ukhuwah sendiri cukup banyak. Semuanya berupa kegiatan sosial kemasyarakatan dan mengajak para anggota komunitas untuk semakin dekat serta aktif berkegiatan di masjid.

“Program kami di antaranya, memberikan pelayanan Salon Masjid atau membersihkan masjid-masjid, santunan yatim piatu, dan pemberian sembako untuk fakir miskin,” paparnya.

Selain itu, sambungnya, Komunitas Kawan Ukhuwah pun sudah menjalin kerja sama dengan Baznas dan menjadi UPZ Baznas.

“Kami juga mengadakan penggalangan dana sosial yang dananya diperuntukan untuk berbagai macam kegiatan kemasyarakatan,” pungkasnya.(ct9/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button