Musik

Komunitas Rap Cianjur, Siap jadi Wadah Bereskpresi Kaum Muda Dalam Bermusik

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Komunitas RAP Cianjur menyatakan siap jadi wadah berekspresi kaum muda Cianjur dalam bermusik. Seperti yang kita ketahui, musik Rap sangat populer di kalangan masyarakat tak terkecuali di Cianjur.

Gaya Rap yang asik dan menantang menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa orang yang menekuni hobi ini. Bahkan di Cianjur, Komunitas Rap hadir memberikan tempat bagi para Rapper untuk berkarya.

“Rap Cianjur adalah tempat bagi orang-orang di Cianjur yang menyukai musik Rap. Dimana kita dapat berekspresi dan saling mengapresiasi bersama dalam karya maupun movement lainnya yang berhubungan musik sosial,” kata Rulli Morena, salah satu Anggota Rap Cianjur saat diwawancarai Cianjur Today, Senin (2/11/2020).

Tidak seperti organisasi pada umumnya yang memiliki struktur keanggotaan, Rulli menjelaskan bahwa komunitas Rap Cianjur dibentuk karena kekeluargaan. Sehingga tidak ada istilah ketua ataupun anggota.

“Tidak ada sistem hirarki dalam komunitas kami, basecamp juga kami gak ada. Namun untuk kegiatan biasanya kami biasa kumpul di studio lionflex record studio,” jelas Rulli.

Berdiri sejak 2008 silam, tentunya komunitas Rap Cianjur sudah sejak lama melebarkan sayap di industri musik. Pada beberapa periode mereka pun pernah eksis dalam berbagai perlombaan.

“Pada 2013-2014, kami dapat Juara 2 Regional Jawa Barat. Saat itu yang mewakilkan Eizy sama Rvsh, kemudian pada 2009, ikut serta dalam hip-hop indo.net dalam lomba pencarian bakat Rap superstar, saat itu Zam-zam dari komunitas Rap Cianjur membawa lagu kemenangan,” terangnya.

Rulli menambahkan bahwa hal yang paling berkesan yaitu bisa tampil di museum kebudayaan Amerika di Jakarta.

“Itu hanya beberapa prestasi saja, teman-teman dari komunitas juga kerap menang dalam beberapa event,” ungkapnya.

Di saat pandemi ini, Rulli mengaku kegiatan komunitas memang sedikit terhambat. Namun, mereka masih tetap terus menjalin komunikasi.

“Sekarang kegiatannya lebih ke digital secara online. Jadi setiap minggu teman-teman Rap Cianjur share karya di digital media, baik itu dalam bentuk audio ataupun video musik. Nantinya kami saling koreksi dan turut mendukung dengan bantu share,” tutur Rulli.

Saat ini Komunitas Rap Cianjur telah memiliki lebih dari 20 orang anggota. Kebanyakan berasal dari usia 20 tahunan. Adapun program yang akan mereka garap dalam waktu dekat ini, adalah mempersiapkan album.

“Kami masih terus mempersiapkan single. Sedangkan untuk project albumnya secara umum, kami tengah merunning kembali acar R.A.P (Rima Akhir Pekan),” ucapnya.

Rulli berharap, ke depannya Komunitas Cianjur bisa terus berkarya dan eksis untuk terus mewadahi prestasi-prestasi muda yang unggul, terutama mereka yang menyukai aliran musik Rap.

“Semoga karya-karya kami bisa diterima dan dinikmati oleh masyrakat. Termasuk dapat memberikan ruang berekspresi bagi teman-teman yang minat akan musik Rap di Cianjur,” pungkas Rulli.(ega/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button