Today

Koramil se-Cianjur Bubuhkan Komitmen Anti Rasuah

CIANJURToday – Sejumlah Koramil di Cianjur melaksanakan perintah Dandim 0608/Cianjur Letkol Czi (K) Hidayati, untuk menciptakan lingkungan prajurit TNI AD bebas dari Rasuah atau korupsi, Rabu (09/01/2019).

Tiga koramil, yaitu Koramil Agrabinta, Karangtengah, dan Warungkondang terpantau melakukan pembubuhan pakta integritas yang sebelumnya dilaksanakan juga di Kodim 0608/Cianjur.

Danramil 08-02/Warungkondang Kapten Inf Fredikus Teda mengatakan, salah satu tujuan pimpinannya dalam merajut komitmen ini, untuk mensterilisasi tindakan-tindakan rasuah atau korupsi terhadap prajurit TNI AD di lingkungan kodim.

Selain itu, ia juga menenkankan kepada jajarannya di koramil supaya perintah dari dandim tersebut, bisa diimplementasikan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang bertugas di Kecamatan Warungkondang.

“Pembubuhan pakta integritas ini, kami harap selain dilaksanakan pada lingkungan kodim juga bisa dilaksanakan di pemerintahan desa (pemdes) melalui babinsa,” jelasnya kepada Cianjurtoday.com, Rabu (09/01/2019).

Sementara itu, Danramil Karangtengah Kapten Inf Sudi Harsomo menambahkan, langkah dan sikap yang diambil dandim sangat tepat melihat situasi sekarang. Pasalnya, nepotisme atau rasuah berpotensi terjadi di lingkungan pemerintahan mengingat banyaknya bantuan yang diterima.

“Melalui komitmen bersama ini, kita berharap untuk saling mengingatkan satu sama lain supaya membuat bangsa dan negara ini maju ke depan, dan terbebas dari niatan buruk,” kata dia.

Menurutnya, fakta di lapangan beberapa kasus rasuah yang terjadi di lingkungan pemerintahan bukan terjadi akibat benar perbuatan korupsi. Melainkan ketidak pahaman petugas dalam mengerjakan laporan keuangan.

“Intinya kami prajurit TNI AD di lingkungan kodim sepakat menolak tindakan rasuah. Kemudian, kami juga ingin pemdes sebagai mitra kami senantiasa mencegah hal tersebut melalui pembinaan dari Babinsa,” pungkasnya.(riz)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks