Today

Korban Tenggelam di Waduk Cirata Masih Belum Ditemukan, Tim Pencari Buat Jaring Apung

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Pencarian RR (14), korban tenggelam di Kolam Jaring Apung (KJA) LP Blok Perairan Jatinenggang, Desa Bobojong, Kecamatan Mande, Cianjur pada Senin (4/10/2021) masih belum membuahkan hasil.

Pencarian dilakukan sejak pukul 8.30 sampai 12.00 Wib dengan mengerahkan 30 personel gabungan.

Mulai dari Sat Polairud Polres Cianjur, Polsek Mande, Sar Bandung, LLASD Jangari Dishub Jawa Barat, Baznas Provinsi Jawa Barat, BPBD Cianjur, Tagana Cianjur, Pemadam Kebakaran Cianjur, Bala Jaga Cianjur, Retana Kecamatan Mande, Orari dan Rapi Cianjur, dan masyarakat setempat.

“Kami melakukan penyisiran di sepanjang TKP geladak kolam jaring apung dengan menggunakan gelombang ombak,” ujar Kasat Polairud Polres Cianjur AKP Heri Zanuar kepada Cianjur Today, Senin (4/10/2021).

Selain itu, pihaknya membuat gelombang dengan menggunakan kapal patroli Sat Polairud Polres Cianjur dan LCR Sar Bandung. Nantinya, geladak atau kolam jaring apung akan diangkat apabila ada yang menyangkut.

“Pukul 13.30 sampai 16.00 Wib, rencana pencarian akan mengangkat kolam jaring apung. Upaya yang dilakukan tersebut adalah untuk mengangkat korban tenggelam apabila tersangkut,” paparnya.

Sebelumnya diberitakan, RR hilang tenggelam di Waduk Cirata, tepatnya di Kolam Jaring Apung (KJA) LP Blok Perairan Jatinenggang, Desa Bobojong, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur pada Sabtu (2/10/2021). Diketahui, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 15.00 Wib.

Kepala Satpolair Polres Cianjur, AKP Heri Zanuari Prihadi mengatakan, kejadian bermula ketika rombongan remaja sebanyak sembilan orang datang ke Waduk Cirata untuk bermain.

Mereka adalah SD (14), SM (18), TM (15), RT (18), RM (14), DA (19), HS (20), AD (16), dan BS (16). Saat itu, kondisi cuaca sedang cerah dan kondisi air pun sedang surut. Kecepatan angin pun diketahui tengah rendah.

Saat itu, salah seorang remaja bernama RT (18) memberitahu kepada pamannya bernama PW yang bekerja di KJA LP, bahwa mereka akan bermain ke kolam.

“Selanjutnya PW menunggu RT beserta rekannya di Dermaga Jangari. Setelah datang keponakan beserta rekannya, selanjutnya PW membawa rombongan anak-anak remaja itu ke KJA LP dengan menggunakan perahu komersial,” ujarnya kepada Cianjur Today, Sabtu (2/10/2021).

Setelah rombongan remaja itu tiba di KJA LP, mereka makan liwet bersama dan mancing di KJA.

Namun, pada pukul 11.30 Wib, PW tertidur di saung kolam. Saat itu, lima remaja yakni SD, SM, TM, RT, dan RM menaiki perahu tanpa izin PW.

“Setelah kelima anak itu naik ke sampan (perahu) dan berlayar kurang lebih 1 meter, sampan tersebut langsung oleng dan terbalik,” ungkapnya.

Sebanyak empat anak dapat menyelamatkan diri. Sementara seorang anak tenggelam karena tidak bisa berenang yaitu RR. Ia merupakan seorang pelajar asal Kampung Pasirkawung, Desa Ciranjang, Kecamatan Ciranjang.(afs/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button