Today

Korsleting Listrik, Satu Rumah di Karangtengah Ludes Terbakar

CIANJURTODAY.COM, Karangtengah – Akibat korsleting listrik, satu rumah warga di Kampung Tipar RT 01/RW 04, Desa Hegarmanah, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, ludes terbakar, Selasa (22/2/2022).

Baca Juga: Api Mengamuk di Pasar Cipeuyeum Cianjur, Satu Kios Ludes Akibat Kebakaran

Pihak pemadam kebakaran pertama kali menerima informasi kebakaran itu sekitar pukul 14.30 Wib berdasarkan keterangan warga.

“Iya betul, terjadi kebakaran satu rumah panggung terbakar. Sekitar jam 00.30 Wib,” ujar Uus Kusnadi Komandan Regu (Danru) 3 Damkar Cianjur, Selasa (22/2/2022).

Pihaknya menuturkan, tim pemadam tiba di lokasi sekitar 10 menit lamanya. Karena jarak tempuh dari markas ke lokasi kurang lebih sekitar empat kilometer.

“Dari peristiwa kebakaran ini, Damkar mengerahkan sekitar 20 orang personel dan dua mobil Damkar dari Mako Cianjur untuk memadamkan api,” sebutnya.

Uus menjelaskan, penyebab kebakaran rumah milik warga Karangtengah tersebut akibat korsleting listrik, dan terdapat banyak benda yang mudah terbakar api.

“Dari kejadian tersebut, satu kandang sapi seluas 100 meter persegi ludes terbakar,” ungkapnya.

Selain itu, Uus menambahkan, api baru padam setelah dua jam lamanya, karena api di lokasi kebakaran sangatlah besar, sehingga sulit untuk dipadamkan.

Baca Juga: Arus Pendek Listrik, Toko Material di Cianjur Kebakaran

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya saja pemilik mengalami kerugian kurang lebih Rp100 juta,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pemadam Kebakaran (Damkar) Cianjur mencatat peristiwa kebakaran yang terjadi di Cianjur selama periode 2021 didominasi akibat korsleting listrik. Akibatnya, puluhan rumah pun berhasil dilalap si jago merah.

“Ini kebanyakan orang bilang dengan menjadikan rata-ratanya dari arus pendek listrik, kemudian ada hal-hal yang lain seperti dari kompor gas yang meledak dan juga lain sebagainya,” kata Kasi Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Damkar Kabupaten Cianjur, H Arief Rachman kepada Cianjur Today, Rabu (28/4/2021).

Ia mengungkapkan, masyarakat sangat penting memiliki nomor telepon Damkar. Karena, apabila terjadi kebakaran, masyarakat bisa langsung menghubungi Damkar, agar tim bisa dengan sigap terjun ke lokasi untuk memadamkan api.(ren/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami