Today

KPPL Gelar Nonton Film Dokumenter “The Bajau”

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Komunitas Pemuda Pegiat Literasi (KPPL) bekerja sama dengan WatchDoc Indonesia dan Aliansi Jurnalis Independent (AJI) Gorontalo menggelar acara nonton bareng (nobar) film dokumenter “The Bajau”. Kegiatan ini di selenggarakan di foodcourt Bendtar Cianjur, Rabu (5/2/2020) malam.

Ketua KPPL Cianjur, Azzam Andzarulhaq, menceritakan Bajau merupakan nama dari salah satu suku yang tersebar di Indonesia khususnya di Sulawesi. Dikenal dengan suku yang hidupnya di atas laut sumber penghidupan nya juga berasal dari laut.

“Selain itu, suku ini juga terkenal dengan kemampuannya bisa bertahan lama menyelam ke dasar laut tanpa memakai alat penyelam. Melebihi manusia pada umumnya,” paparnya kepada Cianjur Today, Rabu (5/2/2020).

Azzam menuturkan, pemerintah berencana akan membuat program memukimkan warga suku Bajau ke daratan agar memiliki identitas.

Namun yang jadi pertanyaan benarkah pemukiman permanen di darat lebih mereka butuhkan daripada lingkungan laut dan terumbu karang yang sehat?

Film dokumenter ini direkam untuk mengingatkan kembali kesederhanaan suku Bajau. Walaupun lautnya sudah tercemar oleh perusahaan pertambangan.

“Sehingga air di pesisian laut menjadi keruh,” ungkapnya.

Azzam mengatakan, pemutaran film ini juga akan disertai penggalangan dana untuk warga suku Bajau.

Berharap, dengan di putarnya film dokumenter ini khususnya di Cianjur bisa membuka sekat informasi keadaan di daerah pelosok.

“Informasi tentang adat, budaya, lingkungan dan yang lainnya,” tandasnya. (yan/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button