ABOUT DESAToday

KPU Cianjur Luncurkan Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3)

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur meluncurkan program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) di Desa Sindangsari, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Rabu (6/10/2021).

Kegiatan ini dihadiri Bupati Cianjur H Herman Suherman, Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok, beserta jajaran Forkopimda dan instansi lainnya. Termasuk Kepala Biro Partisipasi dan Hubungan Masyarakat KPU RI, Cahyo Ariawan secara virtual.

Bupati Cianjur, Herman Suherman menyambut baik digelarnya program DP3 di wilayah Kabupaten Cianjur. Ia pun berharap, partisipasi masyarakat dalam pemilihan bisa terus meningkat.

“Saya berharap, partisipasi pemilih pada Pemilu dan Pemilihan 2024 nanti bisa mencapai 80 persen dengan adanya kader DP3 ini,” ujar Herman.

Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok mengucapkan terima kasih, kepada warga Desa Sindangsari yang sudah secara sukarela menjadi kader DP3.

“Kami sangat menyambut baik rencana pembangunan Kantor KPU Cianjur pada 2022 mendatang,” jelasnya.

Biro Partisipasi dan Hubungan Masyarakat KPU RI, Cahyo Ariawan mengharapkan beberapa hal dari para kader DP3 yang diberi pembekalan oleh KPU Kabupaten Cianjur.

Pertama, kader memiliki pengetahuan dan pemahaman komprehensif tentang Pemilu dan Pemilihan.

“Kedua, memahami hakikat demokrasi serta hubungannya dengan partisipasi masyarakat. Ketiga, mampu mensosialisasikan tahapan Pemilu dan Pemilihan serta mendorong peningkatan partisipasi pemilih di daerahnya masing-masing,” paparnya.

Pada kegiatan ini, turut dilakukan Penandatanganan Kesepahaman Bersama antara Bupati Cianjur dengan Ketua KPU Cianjur, terkait pelaksanaan Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan di Wilayah Kabupaten Cianjur.

Kemudian, dilanjutkan dengan Webinar Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3), ‘Dari Desa untuk Demokrasi, Dari Desa untuk Indonesia’.

Selain itu, menghadirkan narasumber Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Dr Idham Kholik secara luring, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Cianjur Rahmat Hartono, dan Sekretaris DPMD Cianjur Asep Kusumawijaya.

Terakhir, kegiatan berlanjut pada pembekalan kader DP3 yang berjumlah 25 orang dari berbagai basis masyarakat.

Pembekalan diberikan oleh fasilitator dari berbagai latar belakang, mulai KPU Cianjur, Bawaslu Cianjur, Diskominfo, Humas Pemda, dan JPPR Korda Cianjur.

Komisioner KPU Cianjur sekaligus sebagai fasilitator kegiatan, Rustiman mengatakan, pembekalan diberikan oleh narasumber sesuai dengan keahliannya.

“Dalam pembekalan ini akan ada enam modul yang disampaikan para narasumber. Berdasarkan jadwal, akan berlangsung sampai dengan pukul 18.00 Wib,” ungkap dia.

Pembentukan dan pembekalan kader DP3 ini menurut Rustiman, pada 2021 akan dilaksanakan di lima lokasi berbeda.

“Desa Sindangsari ini merupakan kegiatan perdana dan akan diteruskan di lokasi lainnya,” tandasnya.(afs/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker