OTW PENDOPO 2020

KPU Cianjur Tes Wawancara Ratusan Calon Anggota PPK

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur melakukan tes wawancara calon anggota PPK untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020. Kegiatan akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai Sabtu (8/2/2020) sampai Senin (10/2/2020) di Kantor KPU Cianjur.

Humas KPU Cianjur, Rustiman, mengatakan ada 314 orang peserta yang mengikuti kegiatan ini. Semuanya berasal dari 32 kecamatan, yang akan dibagi dalam tiga hari kegiatan.

“Untuk sekarang ada 107 peserta dari 11 kecamatan. Besok juga ada 107 peserta sama dari 11 kecamatan dan hari terakhir ada 100 peserta dari 10 kecamatan,” paparnya saat diwawancara, Sabtu (8/2/2020).

Ia menjelaskan, berdasar ketentuan seharusnya setiap kecamatan ada 10 peserta. Namun ada dua kecamatan dengan calon PPK tujuh orang. Dari jumlah peserta 314 orang calon PPK akan di saring menjadi 160 peserta. Artinya akan diambil lima orang dari setiap kecamatan.

Materi yang dipakai dalam wawancara mencakup tiga hal. Pertama sesuai PKPU 3 tahun 2015 terkait dengan tugas, wewenang dan kewajiban PPK, teknis pemungutan suara, hubungan perorangan dan teknis rekap. Kedua rekam jejaknya, sebagai penyelenggara ataupun non penyelenggara. Ketiga mengkonfirmasi tanggapan masyarakat.

“Tiga hal tersebut yang di pertanyakan dalam wawancara, dengan durasi tiap peserta antara 10 sampai 15 menit,” ujarnya.

Ia menuturkan, hasil wawancara akan di umumkan pada tanggal 15 Februari 2020. Hasilnya disesuaikan dengan urutan nilai, walaupun dalam pengumuman nilainya tidak akan dicantumkan. Untuk peserta urutan 6 sampai 10 merupakan calon PAW.

“Misalnya dari lima orang yang lolos ada yang mengundurkan diri, otomatis peserta urutan 6 yang akan jadi penggantinya,” pungkasnya.(yan/rez)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker