Today

Kreatif, Pemuda Cianjur Bikin Paving Block dari Sampah Plastik

CIANJURTODAY.COM, Cugenang – Pemuda Karang Taruna Kampung Kedunghilir, RT 01/RW 03, Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur mengolah sampah plastik menjadi paving block.

Ketua Karangtaruna RT 01, Faried Lutfi mengatakan ide ini berawal saat para pemuda sedang melihat proses pengaspalan jalan. Mungkin tidak sengaja, ada sampah plastik yang ikut kelebur dengan aspal yang digodok.

“Ternyata plastik tersebut larut dalam godokan aspal,” paparnya saat diwawancara, Senin (21/10/2019).

Ia menuturkan, hal utama yang mendasari produksi paving block dari sampah plastik ini ingin mengurangi volume pembuangan sampah plastik ke TPS.

Proses Produksi

Faried mengatakan, bahan yang digunakan yaitu satu karung sampah plastik yang sudah dipilah dengan berat sekitar dua kilogram. Sampah digodok dan dicampur dengan setengah liter oli bekas. Setelah lebur dimasukan ke tempat cetak, setelah itu ditaburi pasir.

“Proses pembikinan membutuhkan waktu sekitar satu jam 30 menit. Dari takaran bahan tersebut akan menghasilkan tiga buah paving block,” ujarnya.

Peralatan pembuatannya masih manual. Seperti penggodokan plastiknya masih menggunakan tungku, pembakarannya pun memakai kayu bakar. Dirinya bersama anggota Karang Taruna yang lain dalam sepekan mampu melakukan dua kali produksi.

Ia berharap, hasil karya Karang Taruna ini bisa jadi nilai jual dan dipakai untuk penataan trotoar disepanjang jalan di Kabupaten Cianjur.

“Semoga hasil karya ini bisa menghasilkan modal untuk menambah pembelian alat supaya produksi paving block plastik ini terus berjalan,” tandasnya.(yan)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker