Today

Kronologis Kebakaran Pabrik PT EMA di Haurwangi

CIANJURTODAY.COM, Haurwangi – Pabrik PT EMA di Kampung Mareleng RT 01/RW 10, Desa Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, kebakaran pada Kamis (30/4/2020) magrib. Butuh waktu beberapa jam untuk menjinakan api yang membakar bangunan pabrik.

Terlihat beberapa mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dikerahkan. Warga sekitar yang penasaran pun mendatangi sekitar pabrik hingga menyebabkan arus lalu lintas tersendat.

Salah seorang pegawai Mess PT EMA, Tati (41), mengetahui adanya kobaran api berasal dari belakang gedung produksi. Sekira pukul 18.30 Wib setelah selesai buka puasa, kobaran api telah membesar dan menjalar ke depan bagian produksi.

Sontak saat itu pula ia menjerit minta tolong pada Satpam yang sedang tugas jaga di pos keamanan. “Satpam berhamburan melihat kobaran api dan sekaligus minta bantuan untuk memadamkan,” ucap Tuti, Kamis (30/4/2020) malam.

Sementara itu HRD PT EMA, Taupik Ajis, menjelaskan, saat kebakaran ia sedang tidak ada di tempat. Ia pun mengetahui kebakaran PT EMA setelah diberi tahu petugas piket satpam.

Sekira pukul 18.15 Wib yang diperkirakan awal mulanya kebakaran yang entah berasal dari mana. Api telah mumbumbung tinggi membakar gedung produksi. Gudang dan mess karyawan tidak terbakar karena lokasinya terpisah dengan bangunan ruang produksi.

Seluruh mesin, kain, beserta hasil produksi, dan alat penting lainnya ludes terbakar. Namun belum bisa diperkirakan nominal kerugian akibat kebakaran.

Kanit Damkar Ciranjang, Asep Rusmana, menambahkan, pihaknya datang untuk memadamkan kobaran api sekitar pukul 18.35 WIB dengan menggunakan dua unit mobil Damkar. Namun karena kurang, pihaknya meminta bantuan dua unit Damkar dari Cianjur dan satu unit Damkar dari Cikalongkulon. Total hingga 5 unit damkar yang ikut andil untuk membantu memadamkan kobaran api selama dua jam.(ct5/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami