TODAY

Kuda Kosong Sedot Perhatian Wisatawan Luar

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Festival 70 Ribu Detik yang memeriahkan perayaan Hari Jadi Cianjur ke 341 digelar, Sabtu (18/08/2018). Pawai Cianjur, kendaraan hias, hingga kuda kosong yang dilaksanakn mulai pagi sampai siang hari ini, menyedot perhatian puluhan ribu orang untuk menyaksikannya.

Di antara ragam pertunjukan serta kendaraan hias yang berkeliling Kota Cianjur, kuda kosong menjadi pertunjukan yang paling dinantikan warga di pawai Cianjur. Pasalnya, helaran ini hanya bisa disaksikan satu tahun sekali.

Bahkan, saking serunya aksi kuda kosong, hingga mendatangkan warga luar daerah yang merasa penasaran. Konon kuda yang tidak berpenumpang kelihatannya itu, tengah ditunggangi oleh mahkluk astral yang merupakan leluhur warga Cianjur.

“Kebetulan saya punya saudara di Cianjur, jadi satu hari sebelum festival digelar saya menginap untuk menyaksikan kuda kosong,” ujar Femina (25) warga Kabupaten Ciamis.

Kata Femi, sapaan akrabnya, helaran ini sangat menarik untuk disaksikan. Filosofi kebudayaan tersebut, menurutnya, sangat kental dengan etnis sunda.

Baca Juga:

Intip Berbagai Penampilan Kesenian di Gelaran Festival Cianjur

Ceria Bersama, Inilah Serba-serbi Lomba Agustusan di Cianjur

“Kudanya gak ada yang nunggangin, tapi kelihatan capek. Kalau dilihat kasat mata, kuda dengan kondisi seperti itu seperti membawa beban yang sangat berat,” ungkapnya.

Lanjut Femi, helaran budaya seperti ini bisa dimanfaatkan pemerintah daerah sebagai promosi pariwisata. Dengan begitu, menurutnya, ekonomi warga sekitar bisa tumbuh karena banyak dihadiri turis lokal maupun mancanegara.

“Semoga tahun-tahun seterusnya helaran ini masih bisa digelar, dan lebih meriah dari hari ini,” pungkasnya.(RIZ)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Matikan Blok Iklan Untuk Melihat Berita Kami

Dukung Kami Dengan Tidak Menutup Iklan