Today

Kunjungan Ketua Komisi Yudisial Kagetkan Hakim PA Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Karangtengah – Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Cianjur dikagetkan dengan kunjungan Ketua Komisi Yudisial (KY) RI, Jaja Ahmad Jayus, Kamis (28/5/2020). Sebelumnya Ketua KY melakukan kunjungan kerja ke Pengadilan Negeri Cianjur dalam rangka silaturahim sekaligus pembinaan kepada para Hakim.

Hakim Pengadilan Agama Cianjur, Fajar Hernawan, mengatakan kunjungan orang nomor satu di lembaga penjaga marwah Hakim itu, cukup membuat kaget semua Hakim dan Pegawai PA Cianjur.

“Maklum saja, kunjungan ini tiba-tiba dan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Di tengah kesibukan PA Cianjur yang sedang menyiapkan diri dalam menghadapi penilaian Zona Integritas,” kata Fajar, kepada Cianjur Today, Kamis (28/5/2020).

Ia menuturkan, kunjungan Ketua KY tersebut langsung disambut oleh Ketua PA Kabupaten Cianjur, Azid Izuddin yang didampingi beberapa Hakim, Sekretaris dan Panitera. Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 40 menit itu, Ketua KY mengingatkan semua aparatur peradilan khususnya para Hakim, untuk selalu menjaga marwah dengan memedomani Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH).

“Beliau menyampaikan beberapa contoh kasus yang terjadi di beberapa daerah. Baik disebabkan karena faktor moralitas, kedisiplinan, maupun kurangnya profesionalitas,” ucapnya.

Silaturahmi dan Pembinaan

Di lain pihak, Ketua Komisi Yudisial, Jaja Ahmad Jayus, menjelaskan bahwa kunjungannya di PA Cianjur dalam rangka silaturahim sekaligus melakukan pembinaan.

“Setelah tadi saya melakukan kunjungan kerja ke Pengadilan Negeri Cianjur, sekarang mampir ke PA Cianjur dalam rangka silaturahim. Kesempatan yang baik ini juga saya manfaatkan untuk memberikan pembinaan kepada aparatur peradilan khususnya para Hakim,” ujarnya.

Ia pun memberikan pandangannya tentang hukum progresif dan netralitas hukum terkait beberapa putusan yang menjadi sorotan publik.

“Jangan sampai dengan dalih prinsip cepat, sederhana, dan biaya ringan. Hakim melakukan terobosan hukum dengan menyimpangi hukum acara yang ada dan menurut yang bersangkutan itu adalah hukum yang progresif,” tuturnya.

Ketua Pengadilan Agama Cianjur, Azid Izzudin mengucapkan terimakasih atas kunjungan Ketua KY tersebut. Selain melakukan pertemuan di ruang Ketua PA, Ketua KY juga menyempatkan untuk berkeliling melihat situasi, sarana, dan prasarana PA Cianjur.

PA Cianjur mendapat penilaian positif atas kerapihan dan kebersihan kantor yang sudah baik dan menerapkan protokoler pencegahan Covid-19

“Kami menyampaikan banyak terima kasih atas kedatangan Bapak di PA Cianjur dan atas pencerahan yang telah Bapak sampaikan. Insyallah memberikan manfaat kepada kami dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi kami,” paparnya.(ian/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami