Today

Kunjungi Cianjur, Teten Masduki Ajak Petani Jaga Ketahanan Pangan dengan Masuk Koperasi

CIANJURTODAY.COM, Warungkondang – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengunjungi Koperasi Niaga Mukti Sistem Resi Gudang Beras (RSG) Cianjur, di Jalan Raya Sukabumi, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Sabtu (18/9/2021).

Dalam kunjungannya tersebut, Teten mengatakan, Kabupaten Cianjur mempunyai potensi besar di sektor pangan yang sudah eksis hingga di luar daerah, salah satunya adalah produk beras Cianjur.

“Ini yang kami ingin mendorong, yaitu konsolidasi pada para petani beras untuk mau berkoperasi,” ujar Teten kepada wartawan, Sabtu (18/9/2021).

Menurutnya, dengan masuknya konsep korporatisasi, produk para petani dapat terkelola dengan efektif dan efisien, sehingga kesejahteraan petani lebih meningkat.

“Selain itu, bagi petani juga sangat penting membangun kelembagaan ekonomi petani ini, demi menjaga stabilitas ketahanan pangan,” jelasnya.

Selain sektor petani beras, lanjut Teten, sektor-sektor lainnya pun memiliki potensi yang tinggi, karena banyaknya permintaan dari luar negeri, seperti halnya rempah-rempah.

“Maka dari itu, kita harus mulai membidik, termasuk UMKM juga harus mulai masuk ke sektor-sektor di mana kita memiliki keunggulan lebih,” tuturnya.

Menurutnya, saat ini dunia sedang melihat apa yang menjadi keunggulan domestik Indonesia. Sehingga, bukan lagi investasi dari perusahaan-perusahaan manufaktur seperti tahun 80-an.

“Nah, saat ini kita harus melihat apa keunggulan domestik kita. Itu kita harus berkompetisi dengan produk-produk dari luar negeri. Maka dari itu, kami bertugas untuk membenahi kelembagaan usaha para petani ini agar ketahanan pangan tetap terjaga,” tutup dia.(ren/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button