Liburan Kemana Hari Ini

Kuy Berjelajah ke Hayyu Farm, Destinasi Edukasi Wisata Buah-buahan Lokal Pertama di Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Siapa bilang jika ingin berkunjung ke tempat wisata buah-buahan harus pergi ke luar kota lagi? Sebab kini di Cianjur sudah hadir wisata edukasi buah-buahan Hayyu Farm yang siap memanjakan para pencinta buah-buahan dan cocok menjadi agenda berlibur bersama keluarga tercinta.

Hayyu Farm Cianjur merupakan destinasi wisata buah-buahan pertama di Cianjur yang menghadirkan konsep wisata edukasi seputar buah-buahan lokal, sekaligus bisa mencicipi segarnya aneka buah yang ditanam dan dipetik langsung. Kebayang kan serunya?

Pengelola Hayyu Farm, Nur Aditya Rijali (34) menjelaskan, saat ini Hayyu Farm memang belum selesai seutuhnya dibuka, sebab masih dalam proses pembangunan. Namun ada beberpa fasilitas yang sudah ada, di antaranya Kopi Park, Mountain Bike, dan Warung Hayyu.

“Rencananya pada Juni 2020 lalu target pembangunan sudah beres, namun karena pandemi Covid-19, akhirnya dihentikan dan dialihkan ke bisnis yang lain. Awal ide usaha yang saya bangun adalah bisnis kos-kosan yang kemudian berkembang ke ranah koperasi dan sekarang fokus pada bisnis wisata,” jelasnya saat diwawancarai Cianjur Today, Jumat (15/1/2021).

Ia melanjutkan, saat ini buah-buahan yang akan dijadikan destinasi wisata masih dalam proses penanaman. Sebab, tidak hanya di lahan Hayyu, Nur Aditya juga mengimbau masyarakat setempat untuk memanfaatkan lahan yang ada di sekitar rumahnya.

“Saat ini kami sedang mengujicobakan penanaman untuk pohon lengkeng dan sawo. Setelah itu, nantinya akan kami terapkan pada warga dan kami bantu memberi bibit buahnya. Bagi yang punya lahan lebih di rumahnya, kami sarankan untuk menanam juga. Sehingga mereka bisa mengelola sendiri dan jika sudah panen, kami juga akan bantu menampung dengan bantuan tenaga-tenaga lokal,” ungkapnya.

Saat ditanya motivasinya membuat Hayyu Farm, Nur Aditya mengaku ingin menjadikan Desa Cipetir sebagai pusat buah-buahan lokal di Cianjur.

“Sebetulnya sih kami, kan mengarah ke Indramayu banyak wisatawan yang lewat ke Cipetir, jadi nantinya kami ingin membuat Desa Cipetir ini punya sebuah tempat yang menyediakan buah unggulan yang menjadi ciri khas Cipetir,” paparnya.

Bagi kalian yang ingin mencoba pengalaman wisata edukasi buah-buahan lokal di Hayyu Farm, bisa langsung berkunjung ke lokasinya di Jalan Gunung Padang, Desa Cipetir, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur. Adapun harga tiketnya untuk saat ini hanya dikenakan biaya parkir Rp5 ribu untuk motor dan Rp10 ribu untuk mobil.

“Saat ini kami baru menyediakan beberapa wahana, yaitu Kopi Park, Mountain Bike, sama Warung Hayyu. Nanti ke depannya mungkin akan ada penginapannya, wisata edukasi dan lain-lain. Inipun kami masih berbentuk yayasan, jadi akhirnya tidak bisa diklaim salah satu pihak,” ungkapnya.

Meski buka di saat pandemi, Hayyu Farm tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, salah satunya adalah dengan merekrut Relawan Tangguh Bencana (Retana).

“Retana itu kan ujung tombak dari desa untuk perlawanan Covid-19, ditambah Hayyu Farm ini berada di ruang terbuka, sehingga protokol kesehatan harus terus kami perhatikan. Pengunjung juga kami wajibkan memakai masker,” tandasnya.(ct8/sis)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button