Bisnis Today

Lagi, Alfamart Class Dapat Penghargaan dari Pemerintah

CIANJURTODAY.COMAlfamart lagi-lagi mendapat penghargaan pada ajang Malam Anugerah DUDI Awards Tahun 2021 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi RI.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek RI, Wikan Sakarinto kepada Human Capital Director Alfamart, Tri Wasono Sunu, di Jakarta pada Rabu (15/12/2021) lalu.

Dikutip dari laman resminya, penghargaan ini merupakan yang kedua diterima atas keberhasilan program Alfamart Class menciptakan lulusan vokasi menjadi tenaga kerja siap pakai di industri ritel.

Untuk diketahui, program ini dirancang oleh Alfamart berupa kurikulum ritel modern yang diterapkan di SMK jurusan pemasaran yang sudah bekerja sama.

Lulusannya bisa langsung bekerja di Alfamart tanpa ikuti seleksi.

Jumlah siswa Alfamart Class mencapai 12.208 siswa di tahun ajaran 2021/2022. Tercatat daei 2019 sampai 2021, ada 4.604 lebih lulusan yang sudah bekerja di Alfamart berikut di anak perusahaannya.

Tujuan program ini mencetak lulusan SMK yang siap bekerja di industri ritel modern tanpa harus ikut serangkaian pelatihan.

“Sebagai industri padat karya seperti di Alfamart ini membutuhkan karyawan dengan jumlah yang cukup besarNamun ada mismatch antara kompetensi lulusan sekolah dengan kebutuhan kerja,” kata Human Capital Director Alfamart, Tri Wasono Sunu.

Sampai saat ini ada 190 SMK dari barat hingga timur Indonesia yang sudaj bekerja sama mengadopsi kurikulum ritel modern program Alfamart Class.

“Untuk itu Alfamart Class ini dirancang agar tercipta link and match antara pendidikan di vokasi dengan dunia usaha dan industri,” tandasnya.(*/bbs)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button