Today

Lagi! Banjir dan Longsor Landa Cianjur Selatan, Lima Rumah Terendam

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Banjir dan longsor kembali melanda dua kecamatan di wilayah Cianjur Selatan, Selasa (20/10/2020) malam. Dampaknya, lima rumah terendam serta akses jalan lumpuh total tertutup longsor.

Menurut informasi yang dihimpun, banjir melanda Desa Sukamanah dan Desa Mekarsari Kecamatan Agrabinta dan longsor terjadi di Desa Sukamulya Kecamatan Leles sekitar pukul 21.00 WIB.

Sekretaris BPBD Cianjur, Moch Irfan Sofyan mengatakan, hujan deras mengguyur lokasi tersebut sejak pukul 16.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB.

“Hujan deras mengguyur selama beberapa jam. Pukul 21.00 kami dapat laporan, terjadi bencana di tiga desa di dua Kecamatan di Cianjur Selatan ,” ujarnya, Selasa (20/10/2020).

Ia menjelaskan, banjir di Kecamatan Agrabinta, Cianjur terjadi karena sungai Cisokan meluap. Lima rumah yang terendam berada di Desa Sukamanah. Sementara, di Desa Mekarsari sebanyak 60 rumah terancam banjir.

“Laporan sementara ketinggian air setinggi 1 meter. Namun, hanya 5 rumah yang terendam. Rumah itu berada di dekat bibir sungai. Untuk pemukiman padat penduduk sebatas terancam,” ungkap dia.

Selain itu, Irfan mengungkapkan, banjir juga merendam 20 hektar lahan pertanian di Desa Mekarsari. “Untuk di Mekarsari pemukiman masih aman. Tapi, lahan pertanian terendam. Sudah 20 hektar yang terendam,” ucapnya.

Selain itu, longsor pun kembali melanda Desa Sukamulya Kecamatan Leles, Cianjur. Material longsor menutup badan jalan penghubung antar desa sampai lumpuh total.

“Longsor terjadi di titik yang sama dengan longsoran beberapa waktu lalu. Tim masih melakukan assessment. Tapi akses untuk mobil dan motor terputus, karena jalan tertutup.” tandasnya.(afs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker