Gaya Hidup

Lagu ‘Terpesona’ Viral di Berbagai Media Sosial, Ternyata Ini Penciptanya!

CIANJURTODAY.COM – Siapa yang belum hapal lagu Terpesona? Lagu yang viral di TikTok dan menjadi yel-yel penyemangat para anggota TNI saat berlatih ini memang menembus hati banyak orang. Pasalnya, saking enaknya lagu tersebut, hanya dengan mendengarkan satu-dua kali saja, kita bisa langsung hapal di luar kepala.

Bahkan, tak sedikit netizen yang membuatnya dengan meniru gerakan TNI dan Polri saat menyanyikan yel-yel ‘Terpesona’. Tetapi ada juga yang mengubah konsep dari gerakan tersebut. Tak hanya masyarakat biasa, saking viralnya, sejumlah artis dan selebritas pun turut mempopulerkan lagu tersebut.

Tapi, ada yang sudah tahu belum siapa pencipta dibalik lagu tersebut? Yuk simak jawabannya dalam artikel berikut ini.

Namanya adalah Semuel Takatelide. Pria 49 tahun asal Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara tersebut menceritakan bagaimana, lagu ‘Terpesona’ yang ia ciptakan sekitar 25 tahun lalu bisa menjadi yel-yel TNI-Polri.

“Pada 2007, Komando Resor Militer 131/Santiago Sulawesi Utara meminta saya melatih Masamper dalam rangka peresmian rumah sakit Robert Wolter Monginsidi,” ujarnya

Sementara itu, pelatihan Masamper yang dipimpin olehnya itu menggunakan lagu “Terpesona”, diikuti Kepolisian, Angkatan Laut, Angkatan Udara, hingga Angkatan Darat.

Dalam satu angkatan, Semuel mengatakan ada 15 hingga 20 orang yang mengikuti pelatih Masamper pada saat itu.

“Kebetulan Panglima (Djoko Santoso) mau datang itu. Jadi saya dipanggil untuk melatih Masamper di Korem pada 2007,” ungkap Semuel dikutip Cianjur Today, Minggu (14/2/2021).

Dia sendiri tidak mengetahui pasti alasan lagu “Terpesona” bisa dijadikan yel-yel Kepolisian hingga TNI.

“Terus, lagu itu sudah saya perkenalkan 2007 itu, mungkin sudah tertanam di benak mereka. Mungkin karena lagunya asyik, jadi bikin yel-yel. Kira-kira ceritanya begitu sampai ke TNI dan Polri,” kata Semuel.

Di sisi lain, Semuel mengungkapkan asal mula terciptanya lagu “Terpesona” itu. Dia mulai menciptakan “Terpesona” sekitar 1995 atau 1996 untuk keperluan kompetisi lomba berbalas pantun menggunakan syair lagu.

“Kalau di Sangihe Talaud itu, ada budaya Masamper. Nah, budaya Masamper itu dia saling berbalas pantun dalam syair lagu,” ungkap Semuel.

Tembang “Terpesona” sendiri menceritakan tentang kekaguman Semuel terhadap istrinya, Miskewati Mare, di dalam mimpi.

Kendati demikian, kekaguman Semuel di dalam mimpi dari lagunya itu memiliki alasan tersendiri.

“Dalam lomba itu, itukan berbalas pantun. Kebetulan yang dinilai itu faktor kesulitan membalas lagu. Kalau saya bikin lagu terpesona dengan dunia nyata, mungkin mereka gampang balas lagunya. Jadi makanya saya bikin lagu itu terciptanya terpesona dalam mimpi. Jadi itu sulit mau dibalas itu,” ujar Semuel.

Pria asal Manado, Sulawesi Utara itu mengatakan, lagu “Terpesona” bukan hanya sekali diikutsertakan ke dalam lomba, namun sudah banyak meraih kemenangan.

Hingga akhirnya, kata Semuel, lagu “Terpesona” itu meledak di masyarakat Sulawesi Utara pada 1998. Oleh karena itu, ia memasuki dapur rekaman untuk merilisnya di tahun yang sama.

“Itu lagu terpesona itu Tahun 98 saya rilis dapur rekaman. Masih pakai pita reel, belum CD. Masih kaset pita. Terus, kebetulan lagu itu meledak juga pada 1998, itu di Sulawesi Utara meledak lagu itu,” kata Semuel.

Kini lagu “Terpesona” meledak di berbagai media sosial. Tidak sedikit penyanyi Tanah Air yang memuji tembang tersebut.

Tidak ingin disalahgunakan, Semuel telah bekerja sama dengan salah satu perusahaan rekaman musik di Jakarta untuk memasuki dapur rekaman kembali. Tak lain, agar lagu tersebut bisa mendapatkan royalti.

Lagu asli ‘Terpesona’ diunggah di Tiktok oleh pemilik akun @bukanroy pada Kamis (7/1/2021) lalu. Ia mengunggah cuplikan video klip penyanyi aslinya. Ternyata nada pada lagu tersebut sangat berbeda dengan yel-yel TNI/Polri yang penuh semangat. Karena pada lagu aslinya, memiliki nada yang lebih santai dan sedikit lambat.

Pada Jumat (8/1/2021), video tersebut sudah disukai lebih dari 120 ribu, 5.036 komentar, dan dibagikan oleh 5.281 akun. Banyak netizen yang berkomentar lega karena sudah mengetahui penyanyi aslinya. Ada juga yang kaget karena awalnya mengira bahwa lagu tersebut merupakan orisinal ciptaan TNI/Polri.

Dilansir dari berbagai sumber, ‘Terpesona’ merupakan lagu pop daerah yang dinyanyikan oleh grup vokal New Nazareth, penyanyi asal Sulawesi Utara. Lagu tersebut telah dipopulerkan New Nazareth sejak 8 tahun lalu.

Video klipnya diunggah oleh akun Youtube Revisa Channel pada 13 Mei 2013 lalu. Saat ini video tersebut sudah ditonton lebih dari 53 ribu kali. Selain lagu ‘Terpesona’, New Nazareth sendiri memiliki banyak lagu-lagu pop dan lagu rohani. Lagu-lagunya banyak yang menggunakan bahasa daerah.

Berikut adalah liriknya:

Masa lalu
Terpesona
Aku terpesona
Memandang (mandang) wajahmu yang manis

Terpesona
Aku terpesona
Memandang (mandang) wajahmu yang manis
Bagaikan mutiara wajahmu bola (bola) matamu
Bagaikan kain sutra lesungnya (lesung) pipimu

Cantiknya kamu
Eloknya kamu
Semua yang ada padamu
Membuat aku jadi gelisah
Sampai-sampai aku terbangun dari tidurku

(ct7/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button